Rabu, 24 April, 2024

Jadi Tempat Visitasi Kepemimpinan Nasional, Begini Harapan Kades Cermin Kampar

MONITOR, Kampar – Desa Pantai Cermin, Kabupaten Kampar, Riau menjadi salah satu tempat dilaksanakannya kegiatan visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI pada Kamis (27/6).

Dalam kegiatan visitasi ini, para peserta menemukan salah satu permasalahan yang menjadi keluhan warga Desa Pantai Cermin yakni terkait dengan kontribusi salah satu perusahaan BUMN yakni PTPN V Riau yang lokasi berada di Desa Pantai Cermin ini terhadap masyarakat desa dalam mendukung pembangunan desa pantai cermin.

“Kontribusi yang diberikan belum signifikan. “Dalam pemberian bantuan program CSR belum merata ke semua dusun dan itupun tidak melalui koordinasi dengan pemerintah desa sehingga tidak tepat sasaran,” kata Kepala Desa Pantai Cermin Muklis kepada para peserta Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI di Kantor Kepala Desa Pantai Cermin pada Kamis (27/6).

Tidak hanya bantuan CSR, lanjut Muklis, dalam menyerap tenaga kerja lokal saja yang diterima di PTPN V sebagai pelaksana hanya tiga orang yang berasal dari Desa Pantai Cermin. Namun, dirinya tidak memungkiri jikalau PTPN V telah membantu masyarakat dalam hal bantuan sosial seperti sunatan massal dan program penyaluran paket sembako murah.

- Advertisement -

Hal yang sama juga diutarakan ninik mamak atau orang yang dituakan di Desa Pantai Cermin. Menurut salah satu ninik mamak yakni M. Napir mengatakan bahwa terkait kontribusi tersebut. Menurutnya, selama PTPN V berdiri sejak 1984 permasalahan kontribusi terhadap desa atau bantuan sosial atau tenaga kerja yang ada didesa pantai cermin masih sangat minim.

“Pandangan kami jauh dari harapan saat PTPN V ini berdiri. Sangat minim sekali kontribusi PTPN V. Seperti masalah tenaga kerja yang sudah beberapa kali mau masuk ke PTPN V sangat sulit sekali. Begitu juga terkait bantuan, mereka lebih besar kedesa lain dari pada kedesa kami. Jadi, belum terasa nikmatnya,” katanya.

Salah satu peserta visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Bonivasius Prasetya Ichtiarto menilai bahwa diperlukan mediasi antara Pemerintah Desa dengan PTPN V.

“Disini mungkin perlu pemerintah kabupaten kampar bisa memfasilitasi antara PTPN V dengan Pemerintah Desa Pantai Cermin sehingga hubungannya jadi harmonis, apalagi perusahaan ini adanya di Desa Pantai Cermin,” kata Bonivasius yang menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Kerjasama dari Kemendes PDTT.

Terkait bantuan CSR, jikalau diberikan diharapkan yang bersifat pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat desa misalnya dalam bantuan tersebut bisa menimbulkan suatu usaha sehingga menimbulkan lapangan kerja baru.

“BUMDes disini sangat minim karena unit usahanya hanya simpan pinjam. Maka, perlu dikembangkan BUMDesnya. Misalnya mengelola limbah sawit. Itu nantinya bisa dikerjasamakan dengan perusahaan kedepannya dan masih banyak lagi yang bisa dikerjasamakan dalam hal mengembangkan BUMDes yang hasilnya nanti dapat meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Dalam visitasi ini, salah satu peserta lainnya yakni Kajari Kabupaten Deli Serdang, Harly Siregar menyampaikan kepada Pemerintah Desa Pantai Cermin terkait program jaksa jaga desa atau jaksa masuk desa.

Jaksa Jaga Desa merupakan program dalam rangka mengawal penyaluran dan pemanfaatan dana desa Agar berjalan dengan baik dan benar serta terhindar dari penyalahgunaan dan penyimpangan.

Menurutnya, dana desa merupakan program penting sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan meratakan pembangunan. Sehingga dengan anggaran dana desa yang setiap tahun terus mengalami peningkatan dapat berjalan optimal dan maksimal.

“Ada program jaga desa, saat ini jaksa tidak hanya main dikota. Tapi, sudah masuk didesa karena pembangunan sekarang dimulai dari desa. Apalagi, dana desa semakin besar. Saya contohkan, saya di Deli Serdang telah melakukan kerjasama dengan ratusan kepala desa. Jadi, kalau ada masalah di desa, kita akan turut membantu menyelesaikannya,” katanya.

Dalam pertemuan antara peserta visitasi Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dihasilkan sejumlah rekomendasi yang diserahkan oleh Iqbal Islami selaku Ketua Rombongan diantaranya yakni meningkatkan kompetensi masyarakat desa dengan melakukan pelatihan-pelatihan untuk kegiatan yang produktif, mempertemukan pihak masyarakat desa dengan pihak PTPN V dan membangun komunikasi yang intensif dengan PTPN V yang bisa dilakikan oleh pihak terkait dari Pemkab Kampar. Selain itu, Membangun sinergi dengan pemkab, pemprov dan pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan potensi yang ada di Desa Pantai Cermin. Serta rekomendasi lainnya yakni mengindentifikasi dan memetakan potensi-potensi yang ada di Desa Pantai Cermin yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER