Sabtu, 20 April, 2024

Akses Jalan Menuju Istana Kepresidenan Ditutup

MONITOR, Jakarta – Jelang pengumuman hasil sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), akses menuju Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat ditutup. Aparat TNI dan Polri tampak melakukan penjagaan di setiap jalan yang menghubungkan ke Istana.

Akses menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup menggunakan barisan barier berwarna oranye. Sejumlah personel TNI dan Polri melakukan melakukan penjagaan di depannya.

Terlihat masih cukup banyak pengemudi kendaraan roda dua dan empat yang tak mengetahui adanya penutupan tersebut. Akibatnya, petugas kepolisian secara bergantian memberitahu kepada pengendara terkait jalan mana saja yang bisa dilalui.

“Jalan Medan Merdeka Utara untuk sementara ditutup, kalian bisa lewat jalan lain,” kata salah satu petugas kepolisian, Aiptu Syaifudin saat ditemui di lokasi.

- Advertisement -

Sementara, bagi masyarakat yang hendak ke Harmoni dari Jalan Taman Wijaya Kusuma melalui Jalan Veteran juga tak bisa melintas kawasan tersebut. Mereka dialihkan ke arah Pasar Baru.

Akses ke sana ditutup menggunakan barier serta bentangan pagar kawat berduri yang melintang di jalan. Belasan aparat TNI dan Polri turut berjaga-jaga di sana.

Polisi dan TNI berjaga mengawal beberapa rute jalan jelang pengumuman MK (dok: Asep)

Kemudian, warga yang ingin menuju arah Harmoni dari Jalan Abdul Muis diarahkan petugas agar melewati Jalan Tanah Abang I. Mereka tak bisa melintasi Jalan Majapahit menuju Harmoni.

Akses jalan yang mengelilingi Istana Kepresidenan benar-benar tidak bisa dilalui pengendara mobil dan motor, kecuali kendaraan dinas milik aparat TNI dan Polri.

Berikut rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya jelang pembacaan keputusan sidang sengketa Pilpres 2019 :

  1. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.
  2. Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.
  3. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.
  4. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.
  5. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.
  6. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah Harmoni.
  7. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan Jalan Perwira.
  8. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Dan berikut ini beberapa ruas jalan yang ditutup:

  1. Jalan Medan Merdeka barat sisi timur dan barat. Penempatan MCB barrier di depan Museum Gajah
  2. Jalan Medan Merdeka Utara MCB barrier di depan Kemendagri dua sisi.
  3. Jalan Veteran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni ditutup
  4. Jalan Majapahit ujung TL Harmoni.
  5. Jalan Abdul Muis arah utara di TL Jalan Tanah Abang 2.
  6. Jalan Veteran 3 Bina Graha
- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER