Dihari Ulang Tahun ke 58 Tahun, Ini Harapan PDIP ke Presiden Jokowi…

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan selamat ulang tahun kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang ke 58 tahun. 
Hal itu sebagaimana disampaikan Sekertaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/6).


Dikatakan dia, dalam ulang tahun ke 58 tersebut diharapkan Presiden Jokowi tetap memiliki semangat yang berapi-api untuk terus berdedikasi bagi kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara.
“Sehingga kepemimpinan Pak Jokowi pada periode kedua nanti diharapkan tidak hanya menyelesaikan berbagai persoalan mendasar guna meningkatkan kesejahteraan, keadilan, dan membangun kebudayaan bangsa saja,” ucap Hasto.


“Namun diyakini akan membawa kemajuan di seluruh lini kehidupan, dalam tanggung jawab Indonesia bagi dunia, maka kami berharap bahwa kepemimpinan beliau juga akan memperkuat semangat membangun persaudaraan dikancah dunia,” tambahnya.


Ia menyinggung bagaimana pada tahun 1955 di saat itu Indonesia mampu menjadi ‘light star’ bagi bangsa-bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan menyelenggarakan konferensi asia Afrika (KAA) di Bandung.


“Sejak itulah Bung Karno terus membangun tata dunia baru berdasarkan Pancasila. Setelah bangsa-bangsa di Asia Afrika dan Amerika Latin merdeka, Bung Karno berpandangan bahwa negara-negara yang baru merdeka tersebut akan berhadapan dengan dunia yang terbagi menjadi dua blok, Blok Barat dengan pimpinan Amerika Serikat, dan Blok Timur dipimpin Uni Sovyet,” paparnya.


“Keduanya mengandung benih-benih imperialisme, maka Bung Karno karena konsistensinya melawan Kapitalisme dan Imperialisme, lalu menggagas lahirnya Gerakan Non Blok (GNB) di Beograd, Yugoslavia yang sudah menerapkan sosialisme ala Eropa. GNB berpihak pada perdamaian dunia, itulah kepeloporan Indonesia membangun persaudaraan dunia.”

Pada saat ini, sambung dia, PDI Perjuangan menaruh percaya bahwa Presiden Jokowi dapat terus mengambil semangat juang sang proklamator tersebut.


“Berkonitmen pada tata pemerintahan yang baik dengan the dream cabinetnya yang mampu menyelesaikan berbagai krisis. Kepemimpinan Pak Jokowi tidak hanya visioner, namun juga menghadirkan kekuasaan langsung di rumah rakyat, kepemimpinan yang merakyat, andalan bagi kemajuan negeri,” pungkas dia.