Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2019, Aparat Perketat Pengamanan Gedung MK

27
Baja berduri di halaman kantor MK

MONITOR, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana gugatan sengketa Pilpres 2019 besok Jumat (14/6). Ya, untuk mengatisipasi gangguan kemanan pada saat sidang, gudung MK sudah dijaga ketat aparat.

Dari pantauan MONITOR, barikade kawat berduri yang terbentang 10 meter dipasang di depan gedung MK.

Pemasangan pagar itu memakan satu ruas jalan. Alhasil, dari tiga jalur yang tersedia di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pengemudi motor dan mobil yang melintas hanya dapat menggunakan dua jalur. Namun, belum ada penutupan jalan di kawasan tersebut.

Nampak aktivitas sepanjang Jalan Merdeka Barat masih terpantau normal. Sejumlah kantor di sekitar sana terlihat masih buka. Lalu lintas pun ramai lancar, tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Di depan pintu masuk gedung MK, nampak sejumlah personel kepolisian yang melakukan penjagaan. Mereka akan menegur setiap orang yang terlihat asing dan tidak memakai tanda pengenal.

Sementara itu, di depan halaman gedung MK terlihat jejeran tameng dari kepolisian yang ditinggalkan para pemiliknya. Karena belum ada rombongan massa yang datang, akhirnya tameng itu hanya digeletakkan di depan tangga yang mengarah ke pintu masuk.

Masuk ke dalam gedung, setiap pengunjung harus melalui pemeriksaan yang cukup ketat. Barang bawaan seperti tas pun tak luput untuk diperiksa di mesin metal detector. Petugas keamanan MK secara teliti memperhatikan isi di dalam tas yang terlihat di layar komputer.

Untuk mobil dan motor yang dibawa pengunjung hanya bisa masuk melalui pintu belakang gedung MK yang berlokasi di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat. Di gerbang masuk pun sudah ada aparat kepolisian dan satpam yang berjaga untuk menanyakan tujuan setiap pengendara.