Selasa, 19 Maret, 2024

Pemprov DKI Gelontorkan Dana Rp 75 M Revitalisasi Trotoar Cikini

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta bakal merevitalisasi trotoar di Jalan Cikini dan Jalan Kramat, Jakarta Pusat. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugraha.

Menurutnya, pembangunan itu akan dimulai bulan ini dengan mengusung konsep ekspresi kreativitas dengan menggandeng mahasiswa dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

“Mulai bulan ini, dari Jalan Cikini Raya – Jalan Penggasaan Timur dan mulai dari Jalan Kramat Raya – Jalan Salemba Raya,” kata Hari saat dikonfirmasi, Kamis (13/6).

Dijelaskan Hari, revitalisasi di trotoar sepanjang 10 kilometer itu akan memakan biaya Rp 75 miliar. Sementara untuk biaya pembangunan akan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta.

- Advertisement -

“Anggarannya Rp 75 miliar, diambil dari APBD,” ujar Hari.

Jalur trotoar akan dibangun dengan lebar 100 meter dan dilengkapi spot seni dan budaya, akses baru menuju Stasiun Cikini, integrasi dengan halte baru bus pengumpan Transjakarta dan melengkapi trotoar sepanjang 7 km (dua sisi jalan) dengan ubin pemandu, bollard, bangku, wayfinding sesuai konsep complete streets.

Pelaksanaan pengerjaan trotoar ini dimulai bulan Juni ini dan ditargetkan selesai pada akhir Desember 2019 mendatang.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER