Sabtu, 27 April, 2024

Puluhan Ribu Pemudik Kembali ke Jakarta melalui Stasiun Senen

MONITOR, Jakarta – Puluhan ribu pemudik terlihat sudah kembali ke Ibukota. Ini terlihat di Stasiun Kereta Senen, Jakarta Pusat. Tercatat sebanyak 23.744 pemudik tercatat akan turun di stasiun tersebut.

“Dari Pantauan arus balik hari ini tercatat akan ada sekitar 23.744 penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen,” ujar Juru Bicara PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Minggu (9/6).

Eva mengatakan, puncak arus balik diprediksi akan mulai lebih padat pada hari ini (H+3) hingga 16 Juni 2019 (H+10).

Sementara itu, total pemudik yang turun di Stasiun Pasar Senen pada 6 Juni (H2) hingga hari ini, 9 Juni (H+3) sebanyak 90.651 orang.

- Advertisement -

“Data penumpang yang telah tiba di Stasiun Pasar Senen sejak 6 Juni sampai dengan hari ini tercatat sebanyak 90.651 orang,” tutur Eva.

Sementara itu sekira 200 ribu kendaraan sudah kembali ke Ibu Kota pada arus balik Lebaran 2019. Sebelumnya, pada arus balik Lebaran, ada sekira 600 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Edi Pramono, jumlah 200 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta itu merupakan data per H+3 Lebaran. Dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, jumlah tersebut meningkat 7 persen.

“Ada peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 7 persen, dengan jumlah kendaraan sebanyak 200 ribu,” kata Gatot saat memantau arus balik mudik Lebaran 2019 di salah satu posko pengamanan di Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Sabtu (8/6/2019) malam.

Ia memprediksi, akan ada peningkatan kendaraan arus balik pada hari ini. Untuk mengurangi dampak kemacetan, pihaknya bersama Polres Metro Bekasi serta pihak Jasa Marga telah memberlakukan sistem satu arah sejak kemarin pagi mulai dari KM 70 Cikampek Utama sampai dengan KM 29 Cikarang Utama.

“One way sudah diberlakukan sejak pukul 08.30 WIB. Sampai saat ini arus lalin di tol mengarah ke Jakarta masih terbilang ramai lancar,”pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER