Hari Lebaran, Menkominfo Minta Stop Sebarkan Berita Hoax

Menkominfo RI Rudiantara usai jumpa pers

MONITOR, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak masyarakat Indonesia untuk meningkatkan semangat persaudaraan di hari Lebaran Idul Fitri ini. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk tidak lagi menyebarluaskan pesan-pesan hoaks.

“Pesannya ya cuma lebaran, lebaran, dan lebaran. Cuma pesan lebaran saya terjemahkan mumpung suasananya lebaran kita posting yang bagus-bagus yang positif, jangan hoaks, jangan berita sesat, berita bohong apalagi yang menghasut,” ujar Rudiantara, saat Open House di Rumah Dinas Menteri Kominfo, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Rabu (5/6).

“Masa lebaran-lebaran kita bikin dosa? Ayo manfaatkan jangan cuma pas lebaran aja tapi upayakan lebaran tiap hari, tiap hari posting yang positif!” tambahnya.

Rudiantara juga mendorong warganet agar cepat mengikuti dan membalas jika ada akun media sosial yang mengunggah konten minta maaf, terutama yang mungkin pernah berbeda pendapat atau pandangan.

“Jadi kalau ada yang posting minta maaf cepat-cepat kita follow. Kita kan ada twitter, ada twit yang kita tahu yang selama ini mungkin berbeda sama kita, kita cepat-cepat balas kita maafkan. Kita yang memaafkan lebih mulia daripada yang minta maaf tapi meminta maaf pun itu sesuatu yang mulia. Jadi jangan sungkan-sungkan, pil minta maaf Kita masih banyak. Masih beransel-ransel, ya udah kita kasih aja pil maaf kita,” ungkapnya.