Arus Mudik Tahun ini Lancar, Menhub: Terbukti kan

82
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Arus mudik tahun ini bisa dikatakan lebih lancar dibandingkan dengan tahun lalu, demikian dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

“Pembangunan infrastruktur yang menghubungkan kota ke kota baik di Pulau Jawa maupun Sumatra dan penyiapan strategi-strategi untuk mengurai kemacetan menjadikan penyelenggaraan mudik tahun 2019 berjalan dengan lancar,” ujar Menhub seperti dikutip laman setkab, Kamis (5/6/2019).

Lancarnya arus mudik tersebut dikatakan Budi Karya menjadi pembuktian kalau ahun 2019, lanjut Menhub, pembangunan infrastruktur sangat berguna bagi masyarakat dari kota ke kota.

“Terbukti kan semuanya. Perjalanan mudik tahun ini dari Jakarta ke Semarang 6 jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta ke Surabaya kurang dari 10 jam. Hal yang sangat menggembirakan terutama bagi pemudik. Masyarakat puas karena mudik tahun ini lancar,” kata Budi Karya.

Tidak hanya melalui segi infrastruktur, tambah Menhub, keberhasilan penyelenggaraan mudik tahun ini juga merupakan kerja sama yang baik antar semua stakeholder.

“Saya mengapresiasi kerja sama Pemerintah Pusat dengan Polri, Pemda yang turut membantu kelancaran mudik. Mereka bekerja dengan baik seperti tidak terjadi kemacetan di pasar tumpah, bahkan wilayah Nagrek yang biasanya macet, kemarin ini lancar,” ungkapnya.

Menhub pun mengimbau pemudik untuk kembali ke Jakarta pada tanggal 6 atau 7 Juni.

“Puncak arus balik diprediksi pada tanggal 8 dan 9 Juni, karenanya saya menganjurkan para pemudik untuk kembali ke Jakarta tanggal 6 atau 7 Juni,” kata Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan bahwa angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sekitar 60% pada arus mudik tahun 2019. Ia menambahkan bahwa angka ini cukup menggembirakan, mengingat aspek keselamatan dapat ditingkatkan dalam perjalanan mudik 2019.