Menag Berharap Idul Fitri Jadi Momentum Perkuat Persaudaraan

22
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

MONITOR, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan Idulfitri 1 Syawal 1440H yang jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019 merupakan momentum untuk mempererat persaudaraan. 

“Mari kita manfaatkan momentum Idulfitri ini untuk lebih mempererat sekaligus menambah ikatan persaudaraan kita,” kata Menag, Selasa (04/06) kemarin. 

Muslim meminta umat Islam untuk dapat mempererat persaudaraan secara universal. Yakni, persaudaraan seagama, sebangsa, dan sesama umat manusia. 

Dengan berbekal spiritualitas Ramadan ia mengajak seluruh umat untuk menebar kasih sayang dan persudaraan sesama anak bangsa. 

“Dengan berbekal spiritualitas Ramadhan yang baru saja kita lewati, mari kita jadikan hari raya Idulfitri ini untuk memperkuatkan tekad, untuk saling melebur dosa di antara kita dengan saling memaafkan,” ajak Menag. 

Menag pun menuturkan, Idulfitri 1 Syawal 1440H merupakan momentum bagi umat Islam untuk kembali kepada kesejatian diri sebagai manusia. Setelah sebelumnya selama satu bulan lamanya umat Islam ditempa untuk dapat mengendalikan hawa nafsu di bulan Ramadan. 

“Akhirnya, atas nama Pemerintah maupun pribadi, saya menerima Selamat Hari Raya Idulfitri 1440H untuk seluruh umat Islam Indonesia di mana saja, dengan ucapan ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal Faizin ,” tuturnya. 

“Semoga Allah menerima seluruh amal ibadah dan memberkahi kehidupan kita. Aamiin Ya Rabbal ‘alamin,” tutup Menag.