Arus Balik Lebaran, Menhub Sarankan Pemudik Hindari tanggal 8-9 Juni

9

MONITOR, Sumenep – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa puncak arus balik kendaraan yang mengarah ke Jakarta diprediksi akan terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019.

Karena rentang waktu arus balik tahun ini lebih pendek daripada saat arus mudik, Menhub mengimbau agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan dengan baik agar tidak terjadi penumpukan di satu waktu tertentu.

“Jeda hari sisa cuti bersama dengan waktu masuk kerja karyawan setelah Lebaran sangat sempit,” ujar Menhub di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Senin (3/6) kemarin.

“Untuk itu kami menyarankan kalau pulang itu sebaiknya tanggal 6,7 atau 10 Juni karena tanggal 8 dan 9 Juni itu akan puncak sekali. Bisa dibayangkan kepadatannya karena pada waktu arus mudik ada waktu 8 hari, sementara untuk arus baliknya hanya 4 atau 5 hari,” tambahnya.

Ia pun menjelaskan, saat ini pihaknya bersama-sama dengan Korlantas Polri dan pihak-pihak terkait lainnya tengah menyiapkan strategi penanganan pada arus balik Lebaran.