Pantau Arus Mudik, Kapolda Metro Jaya: Alhamdulillah Semua Aman dan Lancar

208

MONITOR, Jakarta – Untuk memastikan arus mudik berjalan aman dan lancar, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan arus mudik 2019.

Pemantauan dilakukan melalui jalan udara dengan menggunakan helikopter. Mereka berangkat dari Tanjung Priok dan mendarat di Polda Metro Jaya.

“Bereng Pak Gubernur (Pak Anies), kami sudah kelililing memantau arus mudik secara langsung melalui udara. Dari pantauan kami, arus lalu lintas mudik berjalan lancar tidak terlihat adanya titik kemacetan atau penumpukan kendaraan yang membuat arus kendaraan berhenti total. Kalau berjalan lambat wajar karena ada contraflow juga. Ya mudah-mudahan dengan kondisi ini masyarakat bisa kembali ke kampung halamannya dengan aman dan nyaman ya,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono.

Lebih lanjut Gatot menegaskan, Polri dan TNI telah menyiapkan beberapa posko guna memberikan keamanan bagi para pemudik.

“Tentunya kalau kita lihat tadi tidak ada titik macet yang sangat krusial ya. Dan kita juga Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pos-pos pengamanan di mana di situ tadi ada teman-teman dari TNI juga di pos-pos pengamanan dan pelayanan. Kemudian juga ada dinas kesehatan dan sebagainya. Ini untuk membuat masyarakat aman dan nyaman. Termasuk rest area,” kata Gatot

Sementara itu Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pantauan arus mudik dilakukan di dua lokasi yakni arus mudik di Tol Cikampek, dan Tol Jagorawi.

“Menyusuri jalan Tol Cikampek. Kemudian juga jalan Tol Jagorawi dan melihat di sana Alhamdullilah kondisi lalu lintasnya lancar, bergerak memang padat. Tetapi bergerak, dan kalo Jagorawi praktis sepi,” kata Anies.

Dengan pemantauan ini, Anies dan Gatot sepakat kalau tidak ada kemacetan yang mengkhawatirkan. Mereka memastikan semuanya berjalan aman dan lancar.

“Jadi kita segera memastikan bahwa semua pemudik yang akan pulang pelayanan dari pemerintah berjalan baik. Gitu aja,” pungkasnya.