Kamis, 18 April, 2024

Jasa Marga Catat 87 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Lalui GT Cikampek Utama

MONITOR, Cikampek – Pada H-4 (1/06) kemarin, lalulintas pemudik yang melintas di Cikampek Utama tercatat 87.758 kendaraan meninggalkan Jakarta. Angka tersebut naik sekitar 278% dari Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) normal sebesar 23.197 kendaraan.

“Ini merupakan lalulintas tertinggi yang menuju arah Timur melalui GT Cikampek Utama yang sebelumnya masih tercatat tertinggi pada Kamis lalu (30/05) yaitu sebanyak 71.901 kendaraan meninggalkan Jakarta, yang naik 210% dari LHR normal,” terang Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (2/6).

Sehingga, lanjut Irra Jasa Marga memperkirakan bahwa H-4 ini adalah puncak arus mudik, antisipasi arus puncak ini dengan adanya pemberlakuan one way dari Km 70 Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan pemberlakuan contraflow dari Km 29 hingga Km 70 pada H-4.

“Sementara ini, volume lalu lintas pagi ini terlihat ramai lancar dengan dimulainya kombinasi rekayasa lalu lintas one way dan contraflow pada KM 61 sampai Km 70 dimulai pada pukul 06.55 WIB dan diperpanjang secara bertahap, yang berhasil mencairkan kepadatan, terutama dengan mengoperasikan jumlah maksimal gardu operasi di GT Cikampek Utama Sebanyak 29 gardu,” imbuh Irra.

- Advertisement -

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang belum melakukan perjalanan mudik agar dapat mengantisipasi waktu keberangkatan, kondisi lalu lintas serta rute perjalanan alternatif lainnya.

‘Diimbau kepada pengguna jalan yang menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan isi bahan bakar kendaraan sampai penuh sebelum memulai perjalanan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER