Jumat, 19 April, 2024

H-6 Lebaran, Menhub: Tiap Tahun, Rata-rata Jumlah Pemudik Naik 4-7 Persen

MONITOR, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pada H-6 lebaran telah terjadi kenaikan jumlah pemudik secara signifikan. Hal itu ditandai padatnya para pemudik di Cikarut.

“Kita mengevaluasi apa yang kita lakukan hari ini, dari pantauan kita hari ini memang ada kenaikan jumlah pemudik dan bahkan pemudik itu berangkat lebih awal. Ditandai dengan satu jumlah pemudik yang ada di Cikarut,” kata Menteri Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/5).

Menurut dia, kenaikannya rata-rata tiap tahun itu 4-7 persen. Ditambah dengan adanya infrastruktur yang bagus seperti jalan tol dari Merak hingga Probolinggo maka minat pemudik semakin banyak.

“Kita belum bisa memastikan jumlahnya berapa tapi dengan antusiasme masyarakat yang baru kita perkirakan baru besok puncak mudik, hari ini sudah mencapai suatu puncak,” ungkapnya.

- Advertisement -

Pun demikian, ia berharap kepadatan ini relatif rata karena waktu mudik yang relatif panjang dari tanggal 30 Mei sampai dengan tanggal 4 juni 2019.

“Kita harapkan ini bisa berjalan dengan baik dan kepadatan yang rata bukan hanya di tanggal 30 Mei atau 31 Mei saja, tapi rata ke tanggal 1-4 juni, sehingga mereka yang mudik mendapatkan suatu layanan yang baik,” sebut Menhub.

Menhub juga berkomentar terkait penerapan kebijakan satu arah (one way). Ia menilai kebijakan ini sangat efektif untuk mengurangi kepadatan arus mudik. Ditambah kebijakan ini juga bersifat dinamis menyesuaikan kondisi kepadatan lalu lintas.

“Satu arah yang semula dilakukan pukul 9, dimajukan menjadi pukul 8, dan itu sangat efektif sehingga pukul 10 itu sudah cair semuanya. Apa yang kita sepakati dengan Kakorlantas, one way itu kita lakukan secara dinamis dan itu telah diaplikasikan hari ini,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER