OSO: Pimpinan DPD RI Wajib Berintegritas dan Bersih

51
Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (tengah)

MONITOR, Jakarta – Calon pemimpin DPD RI kedepan haruslah orang yang memiliki integritas dan bersih dari rekam jejak yang bisa meruntuhkan marwah dan martabat lembaga senator tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua DPD RI Oesman Sapta (OSO) periode 2014-2019 dalam acara buka bersama dengan anggota DPD RI, di Jalan Karang Asem, Jakarta, Selasa (28/5).

“Kriterianya, tentu yang mencintai DPD RI seperti saya, lantas loyal, bukan orang-orang yang pernah cidera di DPD itu sendiri, sehingga tidak bisa, orang yang telah cedera kemudian memimpin lembaga ini, nanti DPD ya cedera,” kata OSO.

“Dan insyallah harus (calon anggota) DPD yang baru terpilih dapat memilih pengurus atau pimpinannya dari orang-orang yang bermarwah dan bermartabat,” tambahnya.

Lebih lanjut, ketika ditanyakan, apakah ada sosok yang sudah terbayang akan memimpin DPD RI kedepannya?. Ia hanya meyakini bahwa anggota DPD RI yang baru maupun yang terpilih kembali nanti dapat memilih secara cerdas.

“Bukan karena pengaruh, bukan karena hebat, di gosok atau pakai uang, jangan biarkan dia dipilih scara moral bermartabat dan akhirnya memilih pemimpin yang betul-betul berarti dan bertanggung jawab terhadap pembangunan DPD RI itu sndiri,” pungkasnya.