Kamis, 25 April, 2024

Jokowi: Saya minta semua pihak Tidak Merendahkan Mahkamah Konstitusi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta semua elemen mempercayakan sepenuhnya tugas Mahkamah Konstitusi untuk menyelesaikan sengketa hasil Pemilu. Pesan ini diutarakan Jokowi mengingat ada yang menduga MK bisa disuap oleh pihak tertentu.

“Mahkamah Konstitusi adalah lembaga negara penjaga konstitusi yang menjadi landasan utama tegaknya negara. Dibentuk dalam sistem ketatanegaraan kita, agar memiliki kepercayaan dari publik,” terang Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/5).

Adanya opini liar yang berkembang di tengah masyarakat soal MK pun ditanggapi oleh Calon Presiden Petahana ini. Jokowi meminta agar publik tidak mudahnya merendahkan posisi Mahkamah Konstitusi.

“Saya meminta kepada semua pihak untuk tidak merendahkan lembaga penjaga konstitusi ini,” pinta Jokowi tegas.

- Advertisement -

Ia mengingatkan, agar elit politik seharusnya mampu memberikan teladan yang baik kepada masyarakat dalam hal menghormati peran lembaga MK.

“Para tokoh dan elite politik, siapa pun juga, seyogyanya memberi teladan yang baik dalam penegakan konstitusi dan penghormatan terhadap sistem tata negara Indonesia,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER