Perdana Beroperasi, 71 Ribu Kendaraan Lintasi GT Cikatama dan Kalitama

22
Sebanyak 71 ribu kendaraan melintasi Gerbang Tol ini

MONITOR, Cikarang – Pasca dipindahkannya transaksi di GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak kemarin (23/05) pukul 00.00 WIB, tercatat total 71.955 kendaraan, baik dari/menuju Jakarta, melewati dua gerbang tol pengganti, yaitu GT Cikampek Utama (Cikatama) sebanyak 40.304 kendaraan dan GT Kalihurip Utama (Kalitama) sebanyak 31.651 kendaraan.

Corporate Communication Department Head, Irra Susiyanti, menjelaskan bahwa di hari pertama operasi, terpantau kepadatan sempat terjadi di kedua GT yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah komposisi non Golongan I meningkat signifikan menjadi 71% dari rata-rata kondisi normal yaitu 29% yang mendominasi jumlah kendaraan, mengingat sesuai dengan prediksi Jasa Marga, jelang pemberlakuan larangan truk melintas pada periode Lebaran 2019, pengusaha logistik mengejar jadwal pengiriman barang secara masif.

“Di samping itu juga, pada hari Kamis jumlah kendaraan angkutan barang biasanya meningkat tinggi di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ujar Irra Susiyanti dalam keterangannya, Sabtu (25/5).

Selain itu, ia mencermati banyaknya pengguna jalan yang memiliki saldo kurang pada uang elektronik saat transaksi di GT, bahkan juga ditemukan saldo Rp. 0,- sehingga memperlambat waktu transaksi secara signifikan yang mengakibatkan antrean panjang kendaraan di GT.

Kemudian, lanjut Irra, masih banyak pengguna jalan yang bertanya tentang perubahan sistem transaksi dan pentarifan, terutama supir truk Kawasan Industri asal Karawang dan sekitarnya.

“Hal tersebut berdampak cukup signifikan mengurangi kapasitas transaksi gerbang sebesar 46%,” terang Irra.

Untuk itu, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk dapat memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan.

“Untuk pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan maupun Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi, dapat melakukan pengisian ulang saldo di merchant/ATM yang ada di Rest Area Km 19A, Rest Area Km 39A dan Rest Area Km 57A sebelum bertransaksi di GT Cikampek Utama,” imbuhnya.