Kamis, 25 April, 2024

Refleksi Hari Kebangkitan Bangsa, Jokowi Bicara soal Pemuda

MONITOR, Jakarta – Bangsa Indonesia tengah memperingati Hari Kebangkitan Bangsa yang jatuh setiap tanggal 20 Mei. Sejumlah tokoh nasional negeri ini tak lupa merefleksikan hari perjuangan ini, tak terkecuali orang nomor satu Presiden RI Joko Widodo.

Dalam laman resmi Instagramnya, Jokowi mengulas kembali sejarah yang terjadi pada masa lampau. Ia menuturkan, ada sekelompok pemuda yang tak rela jatuh dalam keterpurukan dan bangkit menjemput perubahan negeri.

“Seratus sebelas tahun yang lalu, para pemuda bangsa ini menolak terus menerus terlelap dalam keterbelakangan. Mereka bangkit, memperkuat diri,” terang Jokowi, dalam pernyataan tertulisnya, Senin (20/5).

“Mereka dirikan Budi Utomo, Sarekat Dagang Islam, dan lain-lain,” sambungnya.

- Advertisement -

Jokowi mengatakan, para pemuda itu memiliki tekad mulia diantaranya adalah membangun Indonesia maju, mengelola perbedaan dari suku-suku bangsa di Tanah Air hingga mewujudkan negeri yang adil, makmur dan damai tanpa kekerasan.

“Kebangkitan para pemuda itu kita peringati di zaman modern kini, dengan tekad yang baru: bangkit membangun Indonesia yang maju, yang sanggup mengelola perbedaan, yang damai dan tanpa kekerasan,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER