Jumat, 29 Maret, 2024

Fadli Zon: Pemerintah Gagal Ciptakan Kepercayaan terhadap Sistem Pemilu

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengungkapkan keprihatinannya disaat memperingati Hari Kebangkitan Bangsa yang jatuh pada tanggal 22 Mei ini. Fadli mengatakan, bangsa Indonesia banyak menelan kekecewaan yang sangat mendalam.

“Hari ini, 20 Mei 2019, kita kembali memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Sayangnya, hari yang mestinya kita peringati dengan perasaan heroik persatuan, tahun ini lebih pantas kita peringati dengan keprihatinan mendalam,” kata Fadli dalam laman Twitternya, Senin (20/5).

Pertama, dia menemukan kecurangan masif terjadi pada Pemilu 2019. Ditambah, kata dia, tak ada respon memadai dari penyelenggara Pemilu dan otoritas negara atas kegelisahan masyarakat yang menuntut kejujuran dan keadilan.

Kedua, politikus Gerindra ini menyoroti adanya pelarangan, teror serta intimidasi terhadap rakyat yang hendak menggunakan hak menyatakan pendapat dan berekspresi di muka umum.

- Advertisement -

Tak hanya itu, ia juga kecewa lantaran muncul kriminalisasi terhadap tokoh-tokoh yang berbeda pandangan dengan Pemerintah dengan tuduhan makar.

“Ini telah membuat masyarakat kita kian terbelah. Pemerintah gagal menciptakan kepercayaan terhadap sistem pemilu,” terangnya.

Padahal setiap warga negara, dikatakan Fadli, seharusnya sama-sama berkepentingan mengawal proses demokrasi ini agar berjalan jujur, adil dan akuntabel.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER