Arena Lampion dan Wahana Salju Bakal Meriahkan Jakarta Fair 2019

46
Press Conference Jakarta Fair

MONITOR, Jakarta – Jakarta Fair Kemayoran akan kembali digelar dalam memperingati hari ulang tahun kota Jakarta yang ke-492 tahun. Kegiatan ini digelar selama 40 hari mulai dari tanggal 22 Mei hingga 30 Juni 2019 mendatang.

Marketing Director PT JIExpo Ralph Scheunemann mengatakan, pada tahun ini pihaknya telah menyiapkan sesuatu arena yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni arena lampion dan wahana salju untuk anak-anak bermain.

Pasalnya, sebagai ajang arena pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara ini penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2019 mengambil tema ‘Jakarta Fair Indonesia Bersatu’.

“Ada arena lampion park baru, yang kita sulap di arena gambir sudah di renovasi total akan menjadi destinasi yang sangat sangat menarik di malam hari, bagi orang yang suka berfoto ria. Dan kita juga ada wahan ice, wahan salju dimana kita prioritaskan anak kecil untuk bermain dengan snow dan seterusnya,” kata Ralph di kawasan Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Lebih lanjut, Ralph menuturkan bahwa tema yang diambil berupa ‘Indonesia Bersatu’ bukanlah sebagai bahan refleksi masyarakat terhadap hasil politik yang belum lama ini diselenggarakan pemilu.

Menurutnya, hal ini bahkan untuk menujukan kepada masyarakat Indonesia bahwa harus berbangga kepada bangsa sendiri.

“Yang paling penting untuk kemajuan suatu negara kan indonesia bersatu, itu yang paling Penting, dan jakarta juga mengambil tema muka baru kota jakarta kan, itu semua kan ada hubungannya, kita sebagai bangsa indonesia dari berbagai suku dan agama, yang penting kan satu, we have to be proud to be indonesian,” jelas Ralph.

Selain itu, Ralph mengatakan bahwa setiap hari nantinya pada stan Pemprov DKI Jakarta bakal ditampilkan pagelaran budaya yang berfokus pada budaya betawi. Sementara pada seminggu dua kali pihaknya bakal menampilkan festival budaya dari seluruh Indonesia.

“Dan kita punya dua panggung, panggung utama dan panggung gambir. Dimana panggunh utama artis top ibu kota atau nasional akan tampil. Di belakang kita akan ada panggung kedua yang tidak kalah bagusnya itu ada panggung yang fokus pada kekeluargaan dan lebih kepada acara-acara beetema kebudayaan,” kata Ralph.

Sementara itu, Kepala Bidang Seni dan Budaya Disparbud DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengungkapkan, Jakarta Fair merupakan event tahunan yang menyedot kedatangan wisatawan. Pihaknya rutin menampilkan kesenian dan budaya Betawi untuk memeriahkan acara itu.

“Ini sudah rutin kami kerjasama dengan PRJ. Apalagi di sini setiap tahun menampilkan seni budaya Betawi. Total ada 29 grup yang akan kita tampilkan di sana. Ada marawis, tanjidor, Gambang Kromong dan sebagainya. Ini sangat berkaitan dengan kunjungan wisatawan. Event ini sangat membantu kami dalam mendongkrak turis domestik ataupun turis asing,” kata Gumilar.

Untuk diketahui, pada sajian hiburan Jakarta Fair Kemayoran juga bakal diisi oleh sejumlah band dan penyanyi papan atas yang siap menghibur masyarakat yang hadir dilokasi, antara lain Slank, Sheila On 7, Godbless, Fourtwenty, Burgerkill, Padi Reborn, Maliq n D’Essentials, Tonny Q, Endank Soekamti, Supermen Is Dead, Ari Lasso dam banyak lainnya.

Sementara Sajian Multiproduk, Jakarta Fair Kemayoran bakal diisi oleh 1500 stan dari 2700 perusahaan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan berbagai diskon. Mulai dari otomotif mobil dan motor, teknologi informasi, komputer, alat olah raga, fashion dan garment, alat rumah tangga dan lain sebagainya.

Adapun Jadwal jam buka operasional dan tutup Jakarta Fair Kemayoran pada Senin-Kamis pukul 15.30-22.00 WIB, Jumat 15.30-23.00 WIB, Sabtu-Minggu dan Hari Libur Nasional 10.00-23.00 WIB.

Sementara, menjelang lebaran pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2019, Jakarta Fair dibuka mulai pukul 10.00-23.00 WIB, pada hari H lebaran ajang ini juga tetap dibuka mulai pukul 14.00-23.00 WIB dan libur lebaran pada tanggak 6-9 Juni mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.