Progres Capai 60 Persen, Ridwan Kamil: Kereta Cepat rampung Akhir Tahun

2710
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (net)

MONITOR, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimis proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan kelar di akhir tahun 2019 ini. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, saat ini progres pengerjaannya mencapai 60 persen.

“Akhir tahun depan target selesai 100%. Jakarta-Bandung cukup ditempuh 40 menit,” tutur Ridwan Kamil usai menyaksikan terowongan di area Walini sepanjang 608 m, pada Selasa (14/5).

Lebih lanjut, mantan walikota Bandung ini menilai keberadaan moda transportasi Kereta Cepat ini akan membuka peluang kerja bagi jutaan masyarakat. Ridwan Kamil juga menilai, pengembangan kawasan ini menjadi modal awal pengembangan kawasan kota baru.

“Dengan hadirnya jalur kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini, maka akan hadir 4 kawasan kota baru (Halim, Karawang, Walini dan Tegal Luar). Pengembangan kawasan inilah yang menjadi modal membangun proyek ini, atau B to B, sehingga tidak menggunakan dana APBN langsung,” terangnya.

“Sekitar 3-5 juta lapangan kerja baru untuk generasi Z Jawa Barat akan hadir jika 4 kawasan kota baru terwujud dan 5-10 tahun ke depan,” imbuh suami Atalia Praratya Kamil ini.