Awal Puasa Jatuh Pada Senin 6 Mei, NU dan Muhammadiyah Kompak

49

MONITOR, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Hal tersebut berdasarkan hasil sidang Isbat pada Minggu (5/5/2019).

“Ada sembilan petugas yang menyaksikan dan memberi testimoni bahwa hilal terlihat,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin dalam jumpa pers Sidang Isbat.

Lukman menambahkan info hilal terlihat dikonfirmasi sejumlah petugas yang ditempatkan di 102 titik di 34 provinsi. Testimoni sembilan perukyat itu merupakan angka awal yang bisa bertambah seiring proses pengamatan di seluruh Indonesia yang memiliki perbedaan konversi waktu.

Sidang isbat dihadiri sejumlah unsur seperti dari duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Selain itu, hadir juga delegasi Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggunakan metode hisab telah menetapkan 1 Ramadhan 1440 Hijriyah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Maklumat oleh Muhammadiyah diumumkan jauh hari sebelum Sidang Isbat yang digelar pemerintah.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Minggu juga menetapkan awal puasa pada Senin (6/5) setelah para perukyatnya bersaksi melihat hilal.