Jumat, 29 Maret, 2024

Pertamina: Impor Minyak Mentah Turun Drastis

MONITOR, Jakarta – Impor minyak mentah dan kondensat Pertamina turun drastis hingga sekitar 50 persen. Penurunan ini terjadi selama empat bulan pertama di tahun 2019.

Laporan itu diungkapkan oleh Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman. Ia menjelaskan, penurunan ini dipengaruhi oleh penyerapan minyak mentah dan kondensat produksi domestik bagian Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Menurut Fajriyah, volume impor minyak mentah dan kondensat Pertamina pada periode Januari hingga April 2019 mencapai sekitar 25 juta barel atau turun drastis dibandingkan periode yang sama tahun 2018 yang sekitar 48 juta barel.

“Penurunan ini juga berdampak pada penurunan nilai biaya impor sebesar USD1,4 miliar atau ekuivalen lebih dari Rp20 Triliun,” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/5).

- Advertisement -

“Penurunan impor sangat signifikan karena sebagian dari kebutuhan minyak mentah untuk kilang-kilang Pertamina sudah dapat dipenuhi dari dalam negeri. Dengan adanya penyerapan minyak mentah domestik ini, maka sangat mendukung kehandalan supply untuk kilang-kilang Pertamina sehingga dapat meningkatkan kinerja dan profitabilitas kilang,” terangnya lagi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER