Sabtu, 20 April, 2024

Tingkatkan Pangsa Pasar, Garuda Indonesia Perluas Kerjasama Codeshare

MONITOR, Cengkareng – Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama Japan Airlines (JAL)  mengumumkan perluasan kerja sama codeshare dalam memberika pilihan yang semakin beragam bagi para pengguna jasa kedua maskapai untuk berpergian antara Jepang dan Indonesia.

Melalui kerjasama perluasan codeshare yang efektif beroperasi mulai tanggal 8 Mei 2019 mendatang tersebut,  Garuda Indonesia menyepakati perluasan pengembangan jaringan penerbangan codeshare sebagai marketing carrier atau menempatkan nomor penerbangannya GA9170 (Haneda – Osaka Itami) & GA9171 (Osaka Itami – Haneda) untuk rute penerbangan Haneda – Osaka Itami pp yang dilayani oleh Japan Airlines.

Sebaliknya, Japan Airlines turut menyepakati perluasan jaringan penerbangan dengan menjadi  marketing carrier atau  menempatkan nomor penerbangannya JL 5015 (Osaka Kansai – Jakarta), JL 5016 (Jakarta – Osaka Kansai) dan  JL 5017 (Nagoya – Jakarta), JL 5010 (Jakarta – Nagoya) pada penerbangan Garuda Indonesia untuk rute Jakarta – Osaka Kansai pp dan Jakarta – Nagoya pp.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengungkapkan perluasan kerjasama codeshare tersebut  merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia dalam meningkatkan pangsa pasar dan konektivitas di kawasan Asia Pasifik.

- Advertisement -

“Jepang merupakan pasar yang sangat penting bagi Garuda Indonesia. Kerja sama ini kami harapkan dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh penumpang Garuda Indonesia dan JAL, khususnya dalam memberikan ragam pilihan jadwal penerbangan bagi pengguna jasa untuk melakukan perjalanan dari Indonesia ke Jepang maupun sebaliknya,” katanya.

“Kolaborasi strategis bersama JAL juga akan terus kami tingkatkan melalui pengembangan program frequent flyer hingga pengembangan kapasitas market share,”tambahnya.

Sebelumnya melalui jalinan kerjasama codeshare bersama JAL dan Garuda Indonesia telah menyepakati pengembangan jaringan penerbangan codeshare disejumlah rute yang dilayani masing – masing maskapai seperti rute Jakarta – Haneda, Jakarta – Yogyakarta, Jakarta- Surabaya, dan Jakarta – Narita yang dilayani oleh Garuda Indonesia.

Adapun JAL turut memperluas pangsa pasar jaringan codeshare penerbangan melalui rute Narita – Jakarta, Haneda – Nagoya,  Haneda – New Chitose, dan Haneda – Fukuoka.

“Dengan demikian, saat ini Garuda Indonesia dan JAL memiliki sebanyak 11 rute penerbangan codeshare dari dan menuju Indonesia – Jepang”, papar Pikri.

Lebih lanjut, melalui perluasan rute jaringan penerbangan codeshare tersebut, pengguna jasa dapat memiliki pilihan jadwal penerbangan yang lebih beragam. Adapun saat ini, Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Jakarta – Osaka pp sebanyak 3 Kali seminggu. Sedangkan Jakarta – Nagoya dioperasikan sebanyak 4 kali seminggu. Kedua rute tersebut dioperasikan dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A330-300.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER