Jumat, 29 Maret, 2024

Hari ini, 500 TPS di Indonesia Gelar Pemungutan Suara Ulang

MONITOR, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mencatat ada sekitar 592 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Dari jumlah itu, sebanyak 500 TPS akan menggelar PSU pada hari ini, Sabtu, 27 April 2019.

“PSU yang sudah kita rekomendasi sekitar 592 (TPS). Sebagian besar ada yang sudah berjalan. Besok itu sekitar 500 yang akan berjalan di berbagai daerah,” kata Ketua Bawaslu, Abhan saat ditemui di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (26/4) kemarin.

Abhan menjelaskan, pihaknya memiliki tolok ukur dalam menetapkan adanya PSU disuatu TPS.

- Advertisement -

“Jadi satu contoh misalnya DPK (Daftar Pemilih Khusus) tapi (memilih) di luar daerah sesuai KTPnya. Maka itu menjadi salah satu kualifikasi untuk dilakukan PSU. Harus dimaknai PSU ini adalah apa yang terjadi kekeliruan kita betulkan,” ujarnya.

Abhan menuturkan, 500 TPS yang akan melangsungkan PSU tersebar disejumlah wilayah. Diantaranya, di Sumatera Barat, di Sulawesi Selatan, di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Tangerang.

Ia berharap pelaksanaan PSU besok disambut baik oleh masyarakat sekitar. Sehingga, partisipasi pemilih tak mengalami penurunan dari hitungan sebelumnya.

“Jadi PSU memperhitungkan tingkat partsipasi masyarakat, maka diambil hari Sabtu. Harapan kami ketika PSU partisipasinya naik daripada yang kemarin. Minimal sama,” ujar Abhan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER