Jumat, 26 April, 2024

Kuota dan Anggaran Haji Bertambah, Ketua DPR Ingatkan Kemenag Soal Ini

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong agar kementerian agama (Kemenag) untuk segera mempersiapkan serta mengantisipasi kemungkinan yang timbul dilapangan atau pada pelaksanan ibadah haji 2019 nanti.

Hal itu terkait dengan adanya kesepakatan penambahan kuota haji sebesar 10.000 orang atau jamaah oleh komisi VIII DPR RI dengan Kemenag yang akan diterapkan mulai tahun 2019 termasuk penambahan biaya penyelenggaraan haji sebesar Rp353,7 miliar.

“Mendorong Kemenag agar tambahan kuota tersebut nantinya dapat digunakan bagi calon jemaah haji sesuai urutan dan lebih dulu mengutamakan calon jemaah yang telah lanjut usia dan kuat untuk melaksanakan ibadah haji,” kata Bamsoet, di Jakarta, Jumat (26/4).

Mantan ketua komisi III DPR RI itu juga mengingatkan agar panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya dalam melayani para calon jamaah dengan sebaik-baiknya.

- Advertisement -

“Sehingga tidak ada Jemaah calon haji yang merasa ditelantarkan, baik dari adanya penambahan kelompok terbang (Kloter), permasalahan tenda, katering, fasilitas kesehatan, dan MCK, agar jemaah calon haji dalam melaksanakan ibadahnya dapat dengan nyaman,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER