Suara Jokowi-Ma’ruf di Ibu Kota Diprediski Sesuai Hasil Quick Count

8398
Pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin

MONITOR, Jakarta – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin diprediksi bakal unggul di Ibu Kota dan mampu mengalahkan rivalnya yakni Prabowo-Sandi.

Ya, berdasarkan hitungan cepat yang dikeluarkan Indikator Politik Indonesia menyebutkan Jokowi-Ma’ruf memperoleh suara 51,39 persen, sementara Prabowo-Sandi 48,61 persen.

Prosentase tersebut diambil berdasarkan sample data yang diambil dari 107 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta.

Ada pun margin of error rata-rata sebesar plus minus 3,11 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Suara semakin stabil seiring semakin banyaknya data yang masuk. Tidak terjadi “golden cross” atau persilangan suara yang membalikkan posisi,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Burhanuddin mengatakan, metode quick count yang digunakan oleh Indikator Politik Indonesia adalah stratified systematic cluster random sampling.

Menyinggung soal populasi yang diambil, dia menjelaskan kalau populasi yang diambil adalah seluruh pemilih yang datang ke TPS dan memilih secara sah di seluruh TPS.b

“Lalu, prosedur pemilihan sampel di masing-masing stratum yakni irisan dapil dan wilayah desa-kota, dipilih TPS secara systematic random sampling dengan jumlah proporsional,”pungkasnya.