Seriusi Polemik Surat Suara, KPU hari ini Turun ke Lapangan

41
Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi

MONITOR, Jakarta – Dugaan pelanggaran pencoblosan surat suara secara ilegal di Malaysia membuat masyarakat Tanah Air geram. Banyak kalangan menuntut agar KPU RI segera melakukan evaluasi kinerja.

Menyikapi hal ini, Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tantowi mengatakan pihaknya akan menangani secara serius sekaligus hati-hati atas persoalan ini.

Untuk mendalami masalah ini, Pramono mengatakan KPU akan segera menggali data dan fakta di lapangan pada hari ini.

“KPU RI pada hari Jum’at menurunkan tim yang dipimpin oleh dua orang Komisioner, yakni Pak Hasyim Asy’ari dan Pak Ilham Saputra, untuk menggali data dan fakta dari lapangan,” kata Pramono, dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jumat (12/4).

Selain itu, ia menjelaskan KPU akan terus berkoordinasi dengan Bawaslu. Bahkan investigasi lapangan yang dilakukan KPU akan dilakukan bersama-sama dengan Bawaslu.

Lebih jauh Pramono menegaskan, apabila nantinya terbukti dugaan pelanggaran surat suara tercoblos, maka KPU akan segera mengambil kebijakan sesuai UU yang berlaku.

“Jika dugaan pelanggaran tersebut terbukti, maka KPU akan mengambil langkah dan kebijakan sesuai UU yang berlaku,” tegasnya.