Anies Ingin Tata Kawasan Kemang yang Ramah Pejalan Kaki

1010
Kawasan Kemang (Ilustrasi)

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta akan berbenah diri memperindah sejumlah kawasan di Ibukota. Komitmen itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies mengatakan, pihaknya akan memulai dengan menata kawasan Kemang, Jakarta Selatan agar seperti Jalan Sudirman-MH Thamrin, menjadi surganya pejalan kaki.⁣

“Saat ini Kemang justru dikenal sebagai tempat yang rawan macet dan tak ramah pejalan kaki. Terlebih lagi saat Sabtu dan Minggu, padahal tempat ini berpotensi menjadi kawasan wisata jalan-jalan dan kuliner,” ujar Anies dalam laman Instagramnya, Selasa (9/4).

Rencananya, Anies ingin lebih memprioritaskan fasilitas untuk para pejalan kaki dengan cara memperluas jalan tertentu.

“Kita akan memprioritaskan pejalan kaki alih-alih melebarkan jalan untuk kendaraan pribadi. Panjang trotoar yang akan ditata kurang lebih sepanjang 7 km dengan lebar rata-rata 4 meter (kanan kiri),” terangnya.

Selain rekayasa lalu lintas, mantan Mendikbud ini mengatakan pihaknya akan menyediakan ‘park and ride’ dan shuttle bus yang mengelilingi Kemang sehingga pelancong bisa bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa kerepotan mencari parkir.⁣