Sabtu, 20 April, 2024

Meriahkan HUT Kementerian BUMN, Jasa Marga, Pindad dan Djakarta Lloyd Salurkan CSR di Ciamis

MONITOR, Ciamis – Sebagai bentuk nyata kontribusi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pemberdayaan masyarakat seluruh Indonesia, Kementerian BUMN menggagas berbagai kegiatan sosial yang menjadi rangkaian kegiatan HUT ke-21 Kementerian BUMN dimana salah satunya adalah menyelenggarakan program CSR di sejumlah daerah di Indonesia.

Setelah menyelenggarakan program CSR di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali menyalurkan program CSR Bersih-Bersih Kampung Sehat dan Penjualan Paket Pangan Murah di Ciamis, Jawa Barat. Bersinergi dengan PT Pindad (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero), program CSR diselenggarakan di Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis pada hari Kamis (04/04).

Turut hadir dan membuka rangkaian kegiatan tersebut, Corporate Secretary Jasa Marga, M. Agus Setiawan, menjelaskan bahwa ke depannya program CSR BUMN diharapkan dapat terus dirasakan oleh masyarakat.

“Program seperti ini harus terus dijaga, karena program inilah yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain agar manfaatnya juga langsung dirasakan, ini adalah sebagai bukti sumbangsih nyata BUMN Hadir Untuk Negeri,” ujar Agus.

- Advertisement -

Dalam kegiatan Bersih-bersih Kampung Sehat, Jasa Marga bersama Pindad, Djakarta Lloyd dan 500 orang warga setempat melaksanakan perbaikan sarana dan prasarana umum seperti pengerasan jalan setapak menuju sumber mata air desa, merenovasi Tempat Pemandian Umum (TPU) warga, membangun MCK Umum, beautifikasi rumah ibadah (Masjid) dan Balai Desa Sindangbarang.

PT Jasa Marga bersama Pindad dan Djakarta Lloyd menyalurkan CSR di Ciamis

Selain memperbaiki sarana dan prasarana Desa, kegiatan ini juga diisi dengan pemberian 210 pohon produktif yang dilengkapi dengan 100 kantong pupuk serta pemberian 6 unit tempat sampah untuk Balai Desa Sindangbarang. Salah satu pohon produktif yang diberikan adalah pohon cengkeh sebagai bentuk kepedulian bersama untuk melestarikan dan menjaga keragaman hayati di Desa Sindangbarang.

Kepala Desa Sindangbarang, Dedi Cakra, menyatakan bahwa pihaknya selaku perangkat desa yang mewakili warga, sangat terbantu dengan program yang digagas oleh Kementerian BUMN dan dilaksanakan oleh Jasa Marga, Pindad, dan Djakarta Lloyd ini.

“Masih tidak percaya, Desa Sindangbarang yang lokasinya paling jauh di Ciamis ini masih bisa didatangi oleh BUMN. Terima kasih atas semua bantuan yang diberikan kepada warga, saat ini akses menjadi lebih mudah, ditambah lagi 1.000 paket pangan murah untuk warga. Terlihat sekali antusias warga mengikuti acara ini. Semoga ke depannya makin banyak desa yang dibantu oleh para BUMN,” harap Dedi.

Simultan dengan kegiatan Bersih-bersih Kampung Sehat, Jasa Marga, Pindad dan Djakarta Lloyd bekerjasama dengan LinkAja mengadakan kegiatan penjualan 1.000 paket pangan murah untuk warga Desa Sindangbarang yang terbagi ke dalam tujuh dusun dengan terlebih dahulu melakukan sosialisasi untuk aktivasi aplikasi LinkAja.

Promo aktivasi LinkAja dilakukan untuk memperkenalkan layanan keuangan berbasis elektronik yang mengedepankan transaksi non tunai demi keamanan dan kenyamanan masyarakat. Hasil penjualan pangan murah kembali diberikan kepada Desa Sindangbarang untuk beautifikasi Masjid An Nur yang terletak di area Balai Desa.

Selain Corporate Secretary dan Corporate Communication & Community Development Jasa Marga Dwimawan Heru, turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Biro PKBL Pindad Amy Marlina Wati, Staf Sekretaris Perusahaan Djakarta Lloyd Vindya Dwi serta perwakilan pemerintahan daerah seperti Kecamatan Panumbangan, Kapolsek, Danramil dan sejumlah perangkat daerah lainnya.

Jasa Marga, Pindad dan Djakarta Lloyd berharap dengan diadakannya program-program dalam rangka HUT ke-21 Kementerian BUMN ini sebagai wujud komitmen kehadiran BUMN dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia yang juga dapat memberikan manfaat bagi BUMN secara keseluruhan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER