Mengenal Kiai Ma’ruf, Cawapres yang Genap Berusia 76 tahun

1005
Rais 'Aam PBNU Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di gedung PBNU, Jakarta, Kamis (9/8). Ma'ruf Amin dipilih sebagai calon wakil presiden pendamping Joko Widodo dalam Pemilihan Presidan dan Wakil Presiden 2019. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/kye/18

MONITOR, Jakarta – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 01 KH. Ma’ruf Amin genap berusia 76 tahun. Berbagai doa terpanjatkan untuk tokoh ulama Nahdlatul Ulama itu. sang Kiai, didoakan agar panjang umur dan senantiasa diberikan nikmat sehat.

Sepanjang perjalanan hidupnya, Kiai Ma’ruf telah banyak menorehkan sumbangsihnya untuk negeri ini. Diantaranya menggiatkan kembali perekonomian umat di lapisan masyarakat arus bawah. Beliau juga menelurkan gagasannya untuk menginisiasi pendirian Bank Syariah di Indonesia.

Fakta ini diungkap langsung oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, bahwa Kiai Ma’ruf merupakan bapak Ekonomi kaum Mustad’afin khususnya. Tanpa adanya sentuhan Kiai Ma’ruf, Bank berbasis Syariah tidak mungkin ada di Indonesia.

“Tidak pernah ada Bank Syariah tanpa campur tangan Kiai Ma’ruf. Catat ya, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, Bank Syariah BNI, Bank Syariah yang lain-lain tidak akan pernah ada tanpa campur tangan Kiai Ma’ruf Amin. Beliau adalah bapak ekonomi kaum Mustad’afin,” ujar Muhaimin Iskandar, atau yang biasa disapa Cak Imin.

Selain menghibahkan diri untuk memajukan sektor perekonomian, Kiai Ma’ruf nyatanya adalah politikus ulung. Beragam jabatan diembannya mulai bawah hingga naik ke level tertinggi di negeri ini. Sebab itulah, Capres Petahana Joko Widodo pun mempercayai Kiai Ma’ruf sebagai pasangannya di pertarungan Pilpres 2019.

“Beliau (KH. Ma’ruf Amin) adalah sosok utuh sebagai tokoh agama yang bijaksana. Beliau pernah duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rois Aam PBNU, dan Ketua MUI,” kata Jokowi.

Tak hanya itu, sosok ulama bersahaja ini rupanya masih memiliki garis keturunan Sunan Gunung Jati. Fakta itu diungkap oleh Juru Bicara Keratonan Cirebon, Ratu Raja Arimbi Nurtina, bahwa Kiai Ma’ruf memiliki nasab yang tersambung dengan Sunan Gunung Jati. Sultan pertama keratonan Cirebon sekaligus leluhur Keraton Kanoman.