Dorong UMKM Sukses, Rokhmin Dahuri paparkan Tiga Strategi Kunci

MONITOR, Cirebon – Ketua umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), Prof. Rokhmin Dahuri mengatakan ada tiga langkah penting yang harus dilakukan sektor usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM jika ingin sukses dan memiliki daya saing.

Ketiga langkah itu menurut mantan menteri kelautan dan perikanan tersebut adalah kualitas, harga, dan konsistensi.

“Yang pertama kualitas produk nya harus bagus, kedua harganya harus relatif lebih murah dan ketiga menjaga kontinuitas,” katanya saat menjadi narasumber Seminar Nasional dengan tema ‘Menyongsong Kebangkitan Bisnis UMKM’ yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Cirebon di Gedung Kaliandra, Radar Cirebon, Rabu, (27/2/2019).

Seminar tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan BI Cirebon Abdul Rahman, CEO Perisai Group – Apindo Jabar Perry Tristianto, dan Ketua Umum HIMKI, Ir H Soenoto serta Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno.

Rokhmin menambahkan, dalam setiap unit usaha khususnya UMKM harus menerapkan empat hal penting yaitu skala ekonomi, integrasi sistem manajemen ketersediaan dan permintaan barang dari hulu ke hilir, menerapkan teknologi mutakhir termasuk penerapan industri 4.0, dan ramah lingkungan sosial budaya.

“Terpenting lagi UMKM harus mampu mengembangkan kerjasama produktif dan saling menguntungkan antara korporasi dan UMKM,” tandasnya.