Selasa, 21 September, 2021

Seleksi Petugas Haji Kemenag Kab/Kota Digelar 25 Februari

MONITOR, Jakarta – Tahapan proses seleksi petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440H/2019M segera dimulai. Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaran Haji danĀ  (PHU) Khoirizi mengatakan, seleksi terbagi menjadi dua, seleksi di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Eselon I Pusat.

Untuk seleksi tingkat Kanwil, dilakukan berjenjang, dari tingkat Kemenag Kabupaten/Kota. “Seleksi di Kabupaten/Kota digelar serentak senin depan, 25 Februari 2019,” terang Khoirizi di Jakarta, Rabu (20/02).

Seleksi Kab/Kota diikuti ASN Kantor Kemenag, termasuk guru madrasah, penyuluh, dan penghulu KUA dan tenaga profesional lainnya. Tahapan seleksi tingkat Kab/Kota meliputi seleksi administrasi dan seleksi kompetensi/tes tertulis.

“Kankemenag Kab/Kota akan memilih peserta terbaik sejumlah dua kali lipat dari kuota yang ditetapkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi,” ujarnya.

- Advertisement -

“Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Februari di Kankemenag setempat,” lanjutnya.

Peserta yang lolos seleksi di Kab/Kota, akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Seleksi tingkat provinsi dilaksanakan di Kanwil Kemenag Provinsi pada tanggal 5 Maret 2018. Seleksi tingkat provinsi berupa tes kompetensi berbasis CAT dan wawancara dan/atau praktek.

“Hasil seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 8 Maret di Kanwil Kemenag Provinsi,” terangnya.

Kakanwil selanjutnya akan melaporkan hasil seleksi tersebut ke Ditjen PHU untuk ditetapkan sebagai PPIH Arab Saudi 1440H/2019M.

“Untuk seleksi di tingkat Eselon I, akan digelar pada 4 April di Arama Haji Pondok Gede,” tandasnya.

Tahapan seleksi petugas haji dapat dilihat dalam infografis berikut:

Infografis tentang tahapan seleksi petugas haji

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER