Kamis, 25 April, 2024

Waktu Penentuan Cawagub DKI Makin Tak Jelas, Begini Komentar PKS

MONITOR, Jakarta – Penantian panjang warga Jakarta agar Pemprov DKI bisa memiliki Wakil Gubernur (Wagub) pasca ditinggal Sandiaga Uno, sepertinya makin tak jelas. Pasalnya, kendati proses fit and propert test telah dilalui oleh tiga finalis cawagub, namun kedua partai pengusung yakni PKS dan Gerindra belum juga mennyerahkan cawagub hasil fit and proper test ke meja Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Padahal kedua partai ini sesumbar, hasil test fit and propert test cawagub bakal diserahkan ke Anies pada tanggal 11 Februari. Namun nyatanya, hingga saat ini belum juga terealisasi.

Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta, Syakir Purnomo, pun beralasan kalau penentuan akhir dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta masih dibahas bersama pimpinan DPD Gerindra DKI Jakarta, setelah sebelumnya kedua pimpinan partai tersebut menerima hasil fit and proper test dari Tim Panelis.

“Saat ini, keputusan dua dari tiga nama terbaik Kader PKS untuk menjadi Cawagub DKI masih dibahas bersama Partai Gerindra. Yang jelas, rekomendasi dan masukan dari panelis saat Fit and Proper Test, FGD, dan pendalaman pada Jumat malam kemarin, menjadi pertimbangan penting kami untuk dibahas bersama Gerindra,” kata Syakir, Kamis (14/2).

- Advertisement -

Menurut Syakir, dua nama yang direkomendasikan oleh tim panelis yang masih dalam pembahasan PKS dan Gerindra DKI ini dinilai layak untuk diajukan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan ke dalam rapat di DPRD DKI.

Meskipun demikian, Sakhir menegaskan keputusan dua nama tersebut belum final karena masih dalam pembahasan bersama Partai Gerindra.

“Kita menghormati aspirasi, masukan, dan pertimbangan dari Gerindra terkait nama yang akan diputuskan. Karena Gerindra adalah mitra koalisi strategis, baik di level nasional maupun di Jakarta. Karenanya, pertimbangannya sangat perlu untuk didengar,” tegas Sakhir.

Perlu diketahui, bahwa DPW PKS DKI Jakarta telah mengirimkan surat kepada pimpinan Gerindra dki jakarta pada hari Ahad (10/2) malam dalam rangka meminta kesiapan waktu pimpinan Gerindra untuk finalisasi 2 (dua) nama cawagub mengingat ada kesepakatan bersama sebelumnya bahwa tgl 11 Pebruari 2019 PKS dan Gerindra akan mengirimkan 2 (dua) nama kader PKS sebagai Cawagub kepada Gubernur Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER