Jumat, 26 April, 2024

Jokowi Minta Kemampuan Guru-guru Terampil Terus Diupgrade

MONITOR, Depok – Pada agenda Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi untuk meningkatkan kualitas para tenaga pendidik agar lebih terampil.

Pesan itu disampaikannya saat membuka acara RNPK  2019 di Pusdiklat Kemendikbud, Sawangan Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2) siang.

Ia menekankan, sekolah vokasi, SMK-SMK, sudah seharusnya kemampuan guru-gurunya harus diupgrade, terutama yang berkaitan dengan kemampuan skill, kemampuan guru-guru dalam melatih siswanya. Guru yang terampil harus lebih banyak daripada guru yang normatif.

“Guru normatif misalnya guru agama, guru Pancasila, guru Bahasa Indonesia. Guru normatif di SMK juga penting, tapi informasi yang saya terima, guru normatif ini justru persentasenya lebih banyak yaitu 65 persen. Ini tugas kementerian, tugas Bapak-Ibu sekalian untuk menyiapkan ini, meng-upgrade agar guru-guru yang bisa melatih, guru-guru yang terampil itu lebih banyak,” tutur Jokowi.

- Advertisement -

Untuk itu, ia meminta Mendikbud agar kewenangan pendidikan, baik urusan pendidikan daerah (kabupaten, kota, provinsi) maupun pusat betul-betul jelas dan terarah.

“Apa yang menjadi tanggung jawab provinsi, kota dan kabupaten, apa yang menjadi tanggung jawab menteri. Harus jelas, terkonsolidasi, dan terkoordinasi dengan baik,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER