Jokowi Ingin Bank Wakaf Mikro di Pesantren Tingkatkan Ekonomi Umat

1005
Presiden Joko Widodo di Istana Negara

MONITOR, Jakarta – Pengembangan sektor ekonomi di pesantren terus masif dilakukan pemerintah. Presiden Joko Widodo menegaksan, ada beberapa program yang diberikan untuk pesantren, diantaranya Bank Wakaf Mikro (BWM).

“Kita dirikan di pondok-pondok yang memiliki lingkungan komunitas bisnis yang baik, sehingga berkembanglah ekonomi umat. Karena saya juga cek langsung ke beberapa pondok yang berjalan ini, alhamdulillah sangat baik,” kata Jokowi di Istana, Kamis (7/2).

Ia berharap, keberadaan BWM bisa mengembangkan sektor ekonomi dan kesejahteraan umat khususnya di sekitar kawasan pesantren.

“Yang dulunya misalnya di lingkungan itu ada bakso di gerobak, setelah mendapatkan pinjaman dari Bank Wakaf Mikro bisa memiliki warung, jualan di warung. Yang dulunya jualan gorengan, setelah mendapatkan bantuan dari Bank Wakaf Mikro bisa berjualan gorengan dan nasi uduk,” terangnya.

Selain itu, kata Presiden, di tahun ini pemerintah juga akan membangun 1.000 Balai Latihan Kerja (BLK) khusus di pondok pesantren yang dimiliki.

“Memang baru 1.000, tapi 1.000 itu juga jumlahnya banyak, juga gede. Karena kita akan bangun bangunannya plus isinya. Sebuah pondok ingin skill yang ingin di-upgrade garment, ya berarti kita berikan di situ peralatan yang berkaitan dengan garment atau pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan garment,” ujarnya.