Disparbud DKI Targetkan 3,6 Juta Wisatawan Masuk Ibukota

Monas, salah satu destinasi wisata di Ibukota

MONITOR, Jakarta – Tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta ternyata punya target besar untuk mengundang wisatawan berkunjung ke Ibukota. Tak tanggung-tanggung, Disparbud DKI menargetkan sebanyak 3,6 juta wisatawan Nusantara (Winus).

Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Pariwisata Disparbud DKI Jakarta, Alberto, mengatakan target kunjungan wisatawan ini melebihi jumlah pada tahun 2018 sebanyak 3,4 juta pengunjung wisatawan nusantara.

“Tahun 2019 ini targetnya sekitar 3,6 juta wisatawan untuk mengunjungi DKI Jakarta,” kata Alberto Ali saat dihubungi MONITOR, Jumat (25/1).

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara (Wisman), dikatakan Albert Disparbud menargetkan 2,9 juta pengunjung pada tahun 2019.

Dari data wisatawan mancanegara tahun 2018. Wisatawan asal Tiongkok menempati peringkat pertama sebanyak 336,112 orang pengunjung. Peringkat kedua diisi oleh wisatawan asal Malaysia sebanyak 290,492 orang dan peringkat ketiga diisi oleh wisatawan asal Singapura sebanyak 183,617 orang.

Peringkat tersebut diperoleh dari tiga pintu masuk utama yakni Bandar Udara Halim, Soekarno Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priuk.

Alberto menuturkan, pihaknya optimis bakal mencapai target tersebut mengingat banyaknya event pariwisata dan kebudayaan yang akan digelar disepanjang tahun 2019.

“Untuk dinas pariwisata saja ada lebih 159 event pariwisata di tahun ini yang akan digelar, belum lagi dari stakeholder lainnya,” tuturnya.

Ia menambahkan dalam memenuhi target tersebut, selain gencar melakukan promosi pariwisata, Disparbud juga terus melakukan upaya-upaya penambahan destinasi dan fasilitas di tempat-tempat pariwisata.