Jumat, 19 April, 2024

Kelompok Peternak Ayam Apresiasi Bantuan Jagung dari Kementan

MONITOR, Cilegon – Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, tampak puas bisa menyaksikan langsung kegiatan distribusi bantuan jagung kepada peternak ayam Jawa.

Ia mengatakan, ada sebanyak 1000 ton jagung yang akan didistribusikan ke wilayah Jawa Barat bersama Bulog. “Untuk tahap pertama, serah terima jagung sebanyak 81 ton diwakili oleh koperasi/assosiasi peternak ayam mandiri,” ujar I Ketut Diarmita.

Penyerahan bantuan dilakukan di Gudang PT. Sentral Grain Terminal Kawasan Pelabuhan Cigading Cilegon Banten, Jumat (25/1). Pada kesempatan itu, hadir perwakilan dari koperasi dan assosiasi peternakan peternak ayam mandiri (Pinsar, PPUN, Koperasi Pertanian Karya Karya Agrisatwa dan Koperasi Unggul Selaras).

Ketua PPUN Hartono usai serah terima bantuan jagung dari Kementan dan Bulog

Sementara itu, Ketua PPUN Hartono yang mewakili kelompok peternak menyampaikan apresiasinya kepada Menteri Pertanian yang telah membantu peternak kecil untuk memperoleh jagung dengan harga sesuai harga acuan.

- Advertisement -

Ia mengatakan pengolahan jagung untuk pakan ternak ini akan dikerjasamakan dengan pihak lain dalam hal ini pabrik pakan ternak, karena untuk peternak Broiler (perdaging) jagungnya belum dapat ia olah sendiri, sehingga harus dikerjasamakan yang dilengkapi dengan perjanjian tertulis. Menurutnya, hal ini sangat berbeda dengan pola pakan pada peternak layer (petelur).

“Saya berharap Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dapat memfasilitasi untuk merekomendasi keinginannya, dan ini akan lebih mudah jika jagung ini juga bisa disediakan untuk partnernya, yaitu pabrik pakan ternak dengan harga yang wajar,” imbuh Hartono.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER