Kamis, 28 Maret, 2024

Dinas SDA DKI Kerahkan Pasukan Biru Awasi Banjir

MONITOR, Jakarta – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengguyur Ibukota menjadi acaman serius datangnya bahaya banjir. Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta pun terus melakukan monitoring penanganan banjir dan genangan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Teguh Hendarwan, mengatakan dalam menangani banjir dan genangan pihaknya sudah menerapkan program strategis daerah terkait banjir dan genangan secara berkesinambungan.

“Program itu jadi memang sudah terprogramkan baik jangka pendek, menengah panjang,” Kata Teguh saat dihubungi MONITOR, Jumat (25/01).

Salah satu penanganan yang rutin dilakukan yaitu pengecekan dan pemasangan rumah pompa dan menyiagakan personel Satgas Sumber Daya Air (SDA) atau satgas pasukan biru di 44 kecamatan dengan jumlah personil sebanyak 60 orang di setiap kecamatan.

- Advertisement -

Saat ini, ada 7.982 personil satgas pasukan biru yang ada dinas SDA.

“Para satgas biru ini bekerja tetap selama 8 jam perhari, bahkan jika ada kegiatan dan ada kegiatan diluar jam kerja mereka tetap berjalan dengan diberikan upah lembur,” terangnya.

Begitu juga untuk kesiapan mesin pompa. Teguh menjelaskan, untuk pompa stasioner sudah mencapai target sekitar 96 persen yang juga ditambah dengan pompa mobile kapasitas 150-400 liter per detik.

“Semua berjalan baik. Jadi kita backup juga dengan pompa mobile dan satgas pasukan biru, termasuk juga pengurasan pengurukan turap batu kali sudah kita jalankan dan terus berlanjut. makanya jakarta untuk sekarang masih terkendali,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER