BUMN

Resmikan Neucentrix Manado, Telkom Kembangkan Internet Indonesia Menuju Industri 4.0

MONITOR, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur Network & IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin dan Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief di Manado, Kamis (17/1). NeuCentrIX menghadirkan data center yang terkoneksi secara seamless baik domestik maupun global.

NeuCentrIX di Manado merupakan fasilitas data center tier-2 seluas 460 meter persegi dengan ruang IT hall seluas 227 meter persegi. Data center ini terletak di lokasi strategis Second Gateway yang merupakan pintu konektifitas global dan main Point of Presence (PoP) yang merupakan agregasi network nasional sehingga akan memperbaiki latency, packet loss dan jitter HSI ke Amerika Serikat dan untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Menurut Abdus Somad Arief, neuCentrIX dibangun untuk dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis digital, TIK dan Internet tidak hanya domestik tetapi juga para pemain dunia/global.

“Posisi neuCentrIX di Manado sangat strategis karena merupakan gerbang ganda, gerbang digital ke Kawasan Indonesia Timur (KTI) melalui Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) dan juga gerbang langsung menuju Amerika Serikat melalui konsorsium South East Asia-United States (SEA-US). Disamping itu, Manado juga merupakan simpul paling timur kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan hingga Batam dan Singapura. Hal ini menjadi salah satu upaya mengembangkan internet Indonesia menuju industri 4.0 ” jelas Abdus Somad Arief.

Dalam kesempatan yang sama Zulhelfi mengatakan NeuCentrIX Manado dibangun dengan memenuhi standar internasional, untuk mengakomodir peluang pasar konten provider di regional.

“NeuCentrIX merupakan konsep data center Telkom yang terbuka dan netral bagi seluruh operator dan sebagai agregasi antara network, eyeball, dan content digital. Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital tidak hanya di KTI namun juga di Indonesia. Karenanya peran neuCentrIX sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia,” ujar Zulhelfi.

Saat ini Telkom telah mengoperasikan 14 neuCentrIX di dalam dan luar negeri. Di tahun 2019 neuCentrIX ditargetkan mencapai 30 titik di seluruh Indonesia sehingga neuCentrIX akan menjadi fasilitas untuk internet ecosystem dan internet hubbing yang terluas dan terbesar di Indonesia. Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu mengakselerasi ekosistem digital tidak hanya bangsa Indonesia namun juga dunia, serta dapat mewujudkan cita-cita Telkom menjadi Global Digital Hub.

Recent Posts

Menag Hadiri Halalbihalal PBNU Bersama Anggota Keluarga NU

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Halalbihalal yang digelar Pengurus Besar…

4 jam yang lalu

Mejeng di Turki, Industri Alat Kesehatan Nasional Siap Dobrak Pasar Eropa

MONITOR, Jakarta - Industri alat kesehatan nasional terus berupaya untuk menembus pasar ekspor seiring dengan…

8 jam yang lalu

Konflik Timur Tengah, DPR: Pemerintah Perlu Lakukan Dialog Multilateral

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Helmy Faishal Zaini meminta pemerintah melakukan upaya untuk…

9 jam yang lalu

Ikhtiar Pelindungan Jemaah Indonesia, dari Syarat Istithaah sampai Senam Haji

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama tahun ini kembali mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Maklum, data…

11 jam yang lalu

Kemenangan Timnas U-23 Harus Jadi Momentum Mengembangkan Infrastruktur Olahraga Tanah Air

MONITOR, Jakarta - Timnas U-23 Indonesia mencatatkan prestasi gemilang dengan menaklukkan Korea Selatan dalam babak…

12 jam yang lalu

LBH GP Ansor Desak Nadiem Makarim Lindungi Mahasiswa Indonesia dari TPPO Berkedok Magang

MONITOR, Jakarta - LBH Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor mendesak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan…

14 jam yang lalu