Jumat, 19 April, 2024

Jokowi Lantik Budi Waseso jadi Ketua Kwarnas

MONITOR, Jakarta – Usai dilantik sebagai Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas), Budi Waseso mengatakan dirinya kini mempunyai tanggung jawab sebagai pembina untuk melatih atau melahirkan generasi-generasi muda unggulan bangsa melalui pendidikan pramuka.

“Kenapa dengan pendidikan Pramuka, karena memang Pramuka itu ada programnya di seluruh Indonesia, di seluruh wilayah republik ini, baik itu di kemasyarakatan di RT/RW, maupun di sekolah-sekolah,” ujar Buwas, sapaan akrabnya, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (27/12).

Untuk masa bakti 2018 sampai dengan 2023, lanjut Budi Waseso, dirinya harus membuat program kerja sesuai dengan amanah dari negara yaitu membina generasi muda Indonesia ke depan melalui kegiatan Pramuka.

“Oleh sebab itu, saya menyusun satu kerangka organisasi di Pramuka atau di kepengurusan di kwarnas yang bidangnya adalah secara menyeluruh bidang itu berkaitan dengan program pemerintah,” ujarnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Kakwarnas menyampaikan bahwa nanti ada wakil ketua-wakil ketua, ada bidang-bidang di bawah wakil ketua itu yang langsung membidangi bidang-bidang khusus dimana nanti akan berhubungan langsung dengan kementerian/lembaga yang terkait.

“Jadi sekarang, tadi SK-nya dari Pak Presiden itu sudah ikut memutuskan bahwa pembina, contoh, nanti pembina pelatihan pemuda pertanian di Pramuka, itu akan ditanggungjawabkan kepada Menteri Pertanian, Menteri Desa, Menteri Koperasi di antaranya itu,” tambah Buwas yang juga menjabat sebagai Dirut Bulog.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER