Reaksi Demokrat ketika Anies Sikapi Bencana Tsunami

Tim dari Pemprov DKI Jakarta diterjunkan untuk membantu korban tsunami

MONITOR, Jakarta – Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief belakangan ini memuji kesigapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam merespon bencana alam. Saat mendengar tsunami menerjang Selat Sunda yang meliputi Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan, Anies langsung menginstruksikan jajarannya untuk membantu para korban.

“Cara melihat pemimpin itu tulus bekerja untuk rakyat atau tidak, bisa dilihat saat merespon bencana atau saat krisis,” ujar Andi Arief dalam laman Twitternya, Rabu (26/12).

Melihat tim dari Pemprov DKI bekerja cepat menangani musibah, Andi pun menilai mantan Mendikbud RI itu bekerja dari hati.

“Menurut saya Anies Baswedan jauh lebih bekerja dengan hati di saat bencana,” ujarnya lagi memuji Anies.

“Kalau hanya soal membelanjakan APBN atau pengeluaran negara, semua juga bisa,” ujarnya seolah menyindir.

Diketahui, ketika bencana tsunami menerjang kawasan Banten dan Lampung Selatan, Anies menginstruksikan kepada jajaran Pemprov DKI untuk mencari informasi warga DKI yang menjadi korban musibah.

Tim Pemprov DKI bekerja cepat, berkordinasi dengan instansi terkait dan mendatangi lokasi bencana di hari itu juga. Tim yang terdiri dari Tenaga Medis Rumah Sakit Tarakan, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Dinas Kehutanan (Dishut) dikerahkan untuk membantu evakuasi korban. Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) juga menurunkan tim di lapangan.⁣