Jumat, 19 April, 2024

Bertemu SBY, Begini Dampak yang Bakal Dialami Prabowo

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memiliki jam terbang tinggi dalam politik dapat membantu kemenangan Prabowo di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Menurut Pangi, SBY juga menguasai medan. Sehingga, pertemuan calon presiden Prabowo Subianto SBY dianggap akan berdampak positif bagi elektabilitas calon presiden nomor urut 02 itu. “Dia mampu membantu persiapan konten debat, cara mendulang suara, bagaimana kekuatan darat dan udara, serta SBY tahu bagaimana memenangkan hati masyarakat,” kata Pangi, Sabtu, 22 Desember 2018.

Pangi juga mengatakan keharmonisan SBY – Prabowo dapat membantu Ketua Umum Gerindra itu mendulang suara di Jawa Tengah, daerah sasaran timses Prabowo dalam pemilu kali ini. Alasannya, kata dia, SBY masih memiliki simpul Ulama di Jawa Tengah.

Menurut Pangi, pengaruh Ulama masih sangat menentukan hasil pemilu di Jawa Tengah. Ia mencontohkan kemenangan Ganjar Pranowo di pemilihan Gubernur lalu tak lepas dari peran wakilnya, Taj Yasin, yang merupakan anak kandung dari Maimun Zubair, pembesar di Nahdlatul Ulama dari Jawa Tengah.

- Advertisement -

“Begitu juga Pak Sudirman Said yang hampir saja mampu menyalip atau mengimbangi suara Pak Ganjar karena wakilnya Ibu Ida Fauziah yang merupakan Ketua Fatayat NU, jadi orang NU perempuan emak-emaknya, muslimat NU, itu sangat solid,” kata Pangi.

Menurut Pangi, jika kemudian Ulama Jawa Tengah memberikan dukungan pada Prabowo melalui SBY, maka dukungan itu akan mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jawa Tengah. “Paling tidak bisa mengimbangi suara Pak Jokowi di Jawa Tengah,” kata dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER