Libur Nataru, Jasa Marga Operasikan Tol Trans Jawa, Sumatera Hingga Sulawesi

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur (Foto: Hendri/monitor)

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bakal mengoprasikan sejumlah ruas jalan tol baru pada libur Natal dan Tahun Baru 2019. Hal itu di ungkapkan Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur di Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

Dikatakan Subakti, sejumlah ruas tol yang akan dioprasikan pada saat libur Nataru dan Tahun Baru 2019 nanti meliputi Tol Trans Jawa, Sumatera hingga Sulawesi.

Untuk Tol Trans Jawa ada sekitar empat ruas tol yang akan diresmikan dan dioperasikan. Keempat ruas tol tersebut, Tol Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali) – Kartasura. Kemudian Wilangan (Nganjuk) – Kertosono dan terakhir adalah Pasuruan-Proboliggo (Grati).

“Total panjang tol yang ada bertambah empat ruas punya Jasa Marga. Semarang-Batang, Salatiga-Kertasura, Gempol-Pasuruan tepatnya Gerbang Tol Grati,” kata Subakti.

Sementara untuk Tol Trans Sumatera, lanjut Subakti, ada satu ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru 2019, yakni Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) ruas Tol Seirampah-Tebing Tinggi Seksi VII sepanjang 7,65 kilometer.

Sedangkan untuk seksi I hingga VI sudah lebih dahulu beroperasi. Adapun panjang jalan Tol MKTT seksi I hingga VI adalah 52,35 km.

“Selanjutnya di Sumatera kalau Lebaran itu baru sampai dengan Seirampah untuk tahun baru ada 7,65 kilometer sudah beroperasi sampai Tebing Tinggi,” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Subakti menjelaskan untuk jalan tol Manado Bitung baru akan dioperasikan secara fungsional. Adapun ruas tol tersebut yakni segmen Sukur-Danuwudu (Manembo-nembo) sepanjang 16 Kilometer.

“Sulawesi akan kita fungsionalkan Manado Bitung segmen Sukur-Danuwudu (Manembo-Nembo) sepanjang 16 km,”Paparnya.