Ini Dia 16 Tim yang Lolos ke Babak Knockout Liga Champions

1008
ilustrasi

MONITOR, Jakarta – Sebanyak 16 tim memastikan satu tempat untuk berlaga di babak knockout setelah sebelumnya berhasil melewati pertandingan di babak penyisihan grup Liga Champions musim 2018/19 yang berakhir Kamis dini hari 13 Desember 2018.

Persaingan sengit tersaji di Grup C. Hingga laga terakhir, ada tiga tim yang bersaing ketat untuk lolos ke fase knockout yakni PSG, Liverpool dan Napoli. Liverpool akhirnya berhasil mengamankan satu tiket ke babak knockout usai mengalahkan Napoli di Anfield dengan skor 1-0 lewat gol Mohamed Salah. Sementara, PSG yang menang 4-1 atas Red Star keluar sebagai juara Grup C. Napoli yang akhirnya tersingkir.

Tidak kalah ketat adalah persaingan di Grup B. Tottenham Hotspurs secara dramatis mampu lolos setelah bermain imbang 1-1 melawan Barca di Camp Nou. Pasalnya, di laga lain, Inter Milan ditahan imbang oleh PSV.

Di bawah ini adalah daftar lengkap tim yang lolos ke babak knockout.

Selain PSG, Liverpool, Barcelona, dan Tottenham, tim-tim unggulan lain juga melaju dengan mulus ke babak knockout. Sang juara bertahan Real Madrid juga dipastikan ambil bagian meskipun kalah pada laga terakhir lawan CSKSA Moskow.

Juventus dan Manchester United, yang juga kalah di laga terakhir babak grup, juga akan berlaga di babak knockout. Berikut adalah tim-tim yang akan bermain di babak knockout selengkapnya:

Grup A: Dortmund, Atletico
Grup B: Barcelona, Tottenham
Grup C: PSG, Liverpool
Grup D: Porto, Schalke
Grup E: Bayern, Ajax
Grup F: Manchester City, Lyon
Grup G: Real Madrid, AS Roma
Grup H: Juventus, Manchester United
Dan, berikut ini adalah daftar tim yang yang akan bermain di Liga Europa karena berada di posisi ketiga klasemen:

Grup A: Club Bruges
Grup B: Inter Milan
Grup C: Napoli
Grup D: Galatasaray
Grup E: Benfica
Grup F: Shakhtar Donetsk
Grup G: FC Viktoria Plzen
Grup H: Valencia

UEFA akan segera menggelar undian babak knockout Liga Champions dalam waktu dekat ini, tepatnya pada Senin 17 Desember 2018 pukul 18.00 WIB. Selain itu, sebelumnya UEFA juga akan menggelar undian babak 32 Besar Liga Europa.

Ada beberapa aturan yang berlaku di babak knockout Liga Champions. Salah satunya, tim dari negara yang sama tidak akan saling berjumpa babak 16 Besar.