Jelang Persija vs Mitra Kukar, Rekayasa Lalin Diberlakukan

1020
Para pemain Persija

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengimbau agar masyarakat yang akan menyaksikan laga Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Minggu 9 Desember 2018 menggunakan moda transportasi umum.

Pelakasana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, penggunaan moda transportasi umum akan berdampak pada berkurangnya kepadatan kendaraan atau kemacetan di kawasan SUGBK. “Kami mengimbau masyarakat menggunakan transportasi umum,” ujarnya, Sabtu 8 Desember 2018.

Sigit menjelaskan, Dishub bersama Polda Metro Jaya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) sebagai dampak dari kebijakan buka/tutup jalan di sekitar SUGBK. “Rekayasa lalin akan dimulai pada pukul 14.00 sampai dengan selesai,” terangnya.

Adapun buka/tutup jalan akan dilakukan di ruas Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan (mulai dari Flyover Senayan sampai Simpang Hotel Mulia).

Kemudian, di Jalan Asia Afrika sisi timur (dimulai dari Traffic Light (TL) Hotel Mulia sampai dengan TL Hotel Fairmont), serta di Jalan Pintu Satu Senayan.

Rekayasa lalin berlaku yakni, kendaraan dari Slipi yang akan menuju Permata Hijau akan diarahkan lurus melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto-Bundaran Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-Bundaran Senayan dan seterusnya.

Selanjutnya, kendaraan dari arah Semanggi yang akan menuju ke TVRI dialihkan lurus melalui ruas Jalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan Tentara Pelajar -Jalan Gelora-dan seterusnya.

Kendaraan dari Senayan City yang akan belok kanan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diarahkan lurus melalui Jalan Asia Afrika-dan seterusnya.

Sedangkan, kendaraan dari arah Bundaran Senayan yang akan belok kiri menuju Jalan Pintu Satu Senayan akan dialihkan lurus melalui Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

“Kami akan mengerahkan dua mobil VMS (Variable Message Sign -red) serta 50 personel untuk membantu memberikan arahan kepada pengendara,” terangnya.

Sigit meminta, kepada para pengendara untuk tetap tertib dalam berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu, serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Sementara, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kusmanto menuturkan, untuk mendukung kesuksesan laga Persija tersebut pihaknya akan mengerahkan 100 personel di sekitar SUGBK. “Kami ingin, baik sebelum hingga sesudah laga berlangsung ketertiban umum tetap terjaga,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, laga melawan Mitra Kukar menjadi pertandingan terakhir Persija Jakarta dalam kompetisi Liga 1. Persija berpeluang menjadi juara karena saat ini menjadi pemuncak klasemen, unggul satu poin dari PSM Makasar yang juga masih menyisakan satu pertandingan.