Jumat, 29 Maret, 2024

Dituduh Antek Asing, Apa Kata Jokowi?

MONITOR, Jakarta – Sebagai Kepala Negara, Joko Widodo menyinggung bahwa selama kepemimpinannya kerap dituduhkan sebagai antek asing. Hal ini terindikasi dari sejumlah proyek Migas yang pengelolaannya dibawah perusahaan asing.

Mengenai hal ini, Jokowi lantas mengajak untuk melihat contoh di Blok Mahakam, yang sudah puluhan tahun dipegang oleh Jepang dan Perancis. Kata Jokowi, sekarang ini pengelolaannya sudah 100% diserahkan kepada Pertamina.

Ditambahkan Jokowi, Blok Rokan, yang dikelola Chevron beberapa puluh tahun, sekarang juga sudah 100% dimenangkan oleh Pertamina. Freeport di Papua saat tinggal menunggu waktu karena sudah Head of Agreement dan Sales and Purchase agreement.

“Kita selesaikan, saya sudah perintahkan kepada Menteri harus diselesaikan di bulan ini, bulan Desember untuk mendapatkan mayoritas 51%,” tegas Jokowi, Jumat (8/12).

- Advertisement -

“Sudah lebih dari 40 tahun Indonesia hanya mendapatkan 9% tetapi diam saja dan tidak ada yang demo,” sambungnya.

Selain itu, ia juga mempertanyakan mengapa setelah pemerintah mengambil 51%, dirinya malah ditunjuk sebagai antek asing.

“Saya tanya antek asing yang mana, jangan di balik-balik. Tapi saya jawab sekarang kalau ada isu-isu, saya enggak diam, akan saya jawab,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER