Ratusan Tenaga Kebersihan Siap Diterjunkan di Acara Reuni 212

Tenaga kebersihan Pemprov DKI Jakarta

MONITOR, Jakarta – Sedikitnya 500 orang tenaga kebersihan serta puluhan truk sampah dan mobil toilet akan dikerahkan oleh Dinas Kebersihan DKI Jakarta di area Monas saat reuni 212 berlangsung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan pengerahan tenaga kebersihan itu untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan Monas saat aksi itu.

“Selain itu, sarana prasarana juga disiapkan yakni 10 unit truk sampah anorganik, kijang lintas 10 unit, road sweeper 10 unit, kantong plastik 10 ribu, sapu lidi dan pengki 300 unit. Juga ada enam bus toilet,” kata Isnawa.

Isnawa mengharapkan agar reuni 212 tahun ini bisa mengulang suasana tertib dan nyaman seperti agenda yang lain. Termasuk kedisiplinan massa yang terorganisir dalam mengumpulkan sampah dalam karung-karung, sehingga memudahkan petugas-petugas dalam penanganannya.

Selain itu, Dinas LH akan menyebar ratusan petugas baik di sekitar Masjid Istiqlal, kawasan Medan Merdeka, Monas, Patung Tani dan depan Indosat. Karena saat itu bersamaan dengan hari bebas kendaraan atau car free day.

“Saya juga libatkan perkuatan dari Sudin LH Jakbar dan Jaksel dan siagakan semua wilayah, karena peserta berdatangan dari semua wilayah meski fokus penanganan di sekitar Monas sampai dengan HI,” katanya.

Isnawa menghimbau agar pedagang-pedagang untuk menyediakan wadah sampah di sekitarnya termasuk sampah kotak makanan dan botol minuman agar tidak berserakan di sekitar parkir kendaraan.

“Persiapan akan mulai Sabtu sore hingga hari Ahad, Insya Allah peserta aksi akan menjaga kebersihan dan ketertiban bersama pasukan oranye Dinas LH,” pungkasnya.