Thailand vs Filipina Imbang, Timnas Indonesia Gugur

1005
Timnas Indonesia Piala AFF 2018

MONITOR, Jakarta – Pupus sudah harapan Timnas Indonesia untuk bisa terus berlaga di ajang Piala AFF 2018. Tim asuhan Bimasakti dipastikan gagal menuju ke babak empat besar setelah Thailand dan Filipina bermain imbang 1-1 pada pertandingan ketiga mereka di Grup B.

Pertandingan yang digelar Panaad Stadium, Bacolod ini dimulai dengan tempo sedang. Kedua tim sama-sama cenderung berhati-hati dalam membangun serangan. Setelah 10 menit pertandingan babak pertama usai, pola permainan mulai berubah. Thailand mulai mendominasi jalannya pertandingan, sementara Filipina hanya mengandalkan serangan balik.

Suhu pertandingan di babak pertama semakin memanas dari waktu ke waktu. Kedua tim beberapa kali melakukan pelanggaran yang cukup keras, sehingga mulai ada gesekan di antara kedua tim tersebut. Namun di babak pertama tidak ada gol yang tercipta sehingga kedudukan masih bertahan 0-0.

Di babak kedua skema permainan kurang lebih masih sama. Timnas Thailand masih mencoba untuk menguasai pertandingan sementara FIlipina lebih bersabar dalam menyerang. Namun penantian Thailand akan gol akhirnya terjawab di menit 56. Adalah Supachai Jaided yang berhasil memecah kebuntuan. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Tertinggal 1-0 tidak membuat Filipina putus asa. Mereka mulai meningkatkan tempo permainan mereka dan akhirnya berhasil mencetak gol di menit 81 berkat gol Jovin Bedic. Skor kembali imbang 1-1. Usai kebobolan, Thailand terlihat mulai kehilangan fokus dan Filipina juga masih ngotot untuk membalikkan keadaan. Namun hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap imbang 1-1.

Berkat tambahan 1 poin ini, Thailand dan Filipina masih tertahan di peringkat 1 dan 2 klasemen Grup B dengan raihan 7 poin. Berkat hasil ini, Indonesia dipastikan gagal ke semi final, karena Indonesia hanya mengoleksi 3 poin saja sejauh ini. Jika anak asuh Bima Sakti ini menang melawan Filipina di akhir pekan nanti, perolehan poin Skuat Garuda maksimal hanya enam poin saja, tidak cukup untuk menggeser Filipina di posisi runner up.