Pernyataan Prabowo Soal Paket Kebijakan XVI Bikin Luhut Sewot

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (net)

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan tak terima dengan pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, yang menganggap paket kebijakan XVI pemerintah menyerah kepada pihak asing.

“Makanya baca dulu baik-baik baru berkomentar. Jadi kalau sudah kita baca baik-baik, (baru) komentarin,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 22 November 2018. Dia pun meminta Prabowo tidak asal dalam melontarkan komentar.

Menurut Luhut, alasan pemerintah mengeluarkan paket kebijakan itu semta-mata demi kebaikan rakyat. Pemerintah, kata dia, pasti tidak ingin melihat warganya susah. “Memangnya hanya kamu saja yang sayang sama negeri ini? Kami juga sayang kok sama negeri ini,” ucapnya.

Sebelumnya Prabowo Subianto menganggap dengan paket kebijakan XVI pemerintah menyerah kepada pihak asing. Alasannya paket ini membuka pintu bagi investasi asing untuk masuk dan menguasai 28 sektor industri di dalam negeri.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan dalam paket kebijakan itu memang ada 54 sektor industri yang dikeluarkan dari Daftar Negatif Investasi (DNI). Namun, kata dia, tidak berarti asing bisa menguasai 100 persen.