Tampil Bagus di Timnas, Riko Simanjuntak Diminati Klub Thailand

1024
Pemain Persija Jakarta yang juga pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak

MONITOR, Jakarta – Permainan apik yang ditunjukkan Riko Simanjuntak kala membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018, ternyata mendapat perhatian dari klub di luar Indonesia. Ya, pemain Persija Jakarta ini mendapat sorotan dari klub Thailand.

Pelatih Indonesia Bima Sakti mengatakan Riko saat ini tengah menjadi perhatian klub-klub di Thailand. Ia menilai, kecepatan bermain Riko menjadi pembicaraan. “Saya pikir bukan Riko saja, pemain lain juga ada yang dipantau klub luar,” kata Bima di Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Meski demikian, Bima menegaskan penampilan para pemain yang membela tim nasional akan berdampak tidak hanya kepada tim tapi juga karier masing-masing. Karena itu, Bima meminta kepada anak asuhnya agar bermain dengan maksimal dan memberikan penampilan terbaiknya bila diberi kesempatan bermain. “Kalau mereka bagus di tim nasional, akan lebih mudah mencari klub,” ucapnya.

Menanggapi ketertarikan klub-klub Thailand, Riko memilih untuk bersyukur. Ia menilai kontribusinya pada tiga laga tidak lepas dari dukungan rekan-rekannya. Ihwal tawaran dari klub asing, ia menyatakan belum memikirkannya walau sudah ada tawaran dari klub Thailand dan Malaysia. “Nanti saja,” kata Riko Simanjuntak.

Di dua laga pertama Piala AFF, Bima menurunkan Riko sebagai pemain pengganti. Pada saat melawan Singapura, Riko menggantikan Irfan Jaya. Sedangkan di partai Timor Leste, ia masuk menggantikan Febri Hariyadi. Baru di pertandingan melawan Thailand, Riko dipercaya pelatih menjadi starter.

Kontribusi terpenting pemain asal Pematangsiantar, Sumatera Utara itu datang kala Indonesia menghadapi Timor Leste. Kehadirannya mengubah permainan Indonesia yang tertinggal satu gol dari lawan. Di laga yang berakhir dengan skor 3-1 itu, Riko memberikan umpan yang dapat dikonversi menjadi gol oleh sundulan Alberto Goncalves.

Riko kembali menyumbangkan umpan saat Indonesia bertamu ke Thailand. Tendangan sudutnya ke arah gawang bisa dioptimalkan oleh Fachrudin Aryanto menjadi gol. Sayang, Indonesia kalah atas Thailand dengan skor 2-4.